Selasa 03 Oct 2023 13:27 WIB

Kronologi Anak di Bekasi Meninggal Usai Operasi Amandel

Anak BAD meninggal dunia karena mati batang otak usai operasi amandel.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Friska Yolandha
Seorang anak diperiksa amandelnya oleh dokter.
Foto:

Dokter kemudian melakukan resusitasi jantung dan memasangkan ventilator terhadap BAD. Menurut Albert, korban dibawa ke ruang ICU dengan kondisi tidak sadarkan diri. Sejak saat itu, BAD tak kunjung siuman hingga akhirnya dinyatakan meninggal.

"Pengamatan dokter syaraf berdasarkan GCS (glasgow coma scale), di situ dokter mengeluarkan diagnosis bahwa anak saya mati batang otak," ujar Albert.

Karena itulah, keluarga korban melaporkan sejumlah dokter RS Kartika Husada ke Polda Metro Jaya pada 29 Oktober 2023. Kuasa hukum keluarga korban, Christmanto, mengutarakan terlapor dijerat atas dugaan melanggar undang-undang tentang kesehatan, perlindungan konsumen, dan KUHP.

Sementara itu, Rahmah Indah Permatasari selaku perwakilan RS Kartika Husada Jatiasih membantah telah melakukan dugaan malpraktik. Rahmah mengeklaim tindakan operasi terhadap BAD berjalan sesuai prosedur.

"Kami setiap melakukan tindakan dan pemeriksaan selalu ada prosedur untuk dilakukan edukasi," katanya.

Rahmah Indah menuturkan, dia telah memberikan edukasi kepada keluarga pasien, mulai dari konsultasi di poliklinik, pada saat tindakan operasi sampai selesai operasi sudah sesuai dengan SOP. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement