Senin 02 Oct 2023 04:52 WIB

Yuk Pakai Batik Hari Ini, Cek 5 Inspirasi Berbatik yang Seru

Pilih bahan batik yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengunjung memilih baju batik. Bersamaan dengan momen Hari Batik Nasional, busana batik dapat dikenakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari/ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pengunjung memilih baju batik. Bersamaan dengan momen Hari Batik Nasional, busana batik dapat dikenakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Batik merupakan wastra kebanggaan Indonesia. Terlebih batik telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Momen ini pun setiap tahunnya dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional untuk terus menumbuhkan kebanggan dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, yaitu batik. 

“Untuk bisa tetap tampil modis di Hari Batik Nasional, Tokopedia membagikan lima tips memilih jenis baju batik wanita yang sesuai dengan berbagai jenis kegiatan serta memberikan rekomendasi brand lokal yang bisa jadi pilihan masyarakat di hari yang spesial ini,” ujar Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Baca Juga

Berikut ini lima rekomendasi baju batik wanita dari Tokopedia bisa bikin makin modis di Hari Batik Nasional :

1. Atasan batik kasual yang berwarna berikan kesan ceria

Atasan batik kasual bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan. “Padukan atasan batik berwarna cerah dengan rok atau celana jeans. Bisa juga menggunakan sneakers sebagai pelengkap penampilan yang kasual dan playful,” kata Aldhy.

 

2. Pakai outer batik untuk tampil lebih modis

Outer batik terus menjadi item fesyen favorit masyarakat. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan layering yang bisa membuat penampilan makin menarik. “Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilih outer batik bermaterial katun yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman,” kata Aldhy. 

Aldhy menambahkan animo masyarakat dalam berbelanja outer batik sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan produk outer batik mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat.

 

3. Batik jadi penyelamat gaya kasual hingga formal

Bingung mau pakai baju apa? Busana batik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan. “Selain mudah dan nyaman digunakan, dress batik bisa memberikan kesan feminin dan anggun. Sangat cocok untuk momen spesial, seperti Hari Batik Nasional,” ungkap Aldhy.

 

4. Eksplorasi gaya etnik biar makin unik

Gaya berbusana dengan sentuhan etnik makin digemari masyarakat. Sudah banyak merek lokal yang menghadirkan koleksi etnik berwarna natural dengan desain apik. “Contohnya, rok lilit, yang bisa memberikan kesan tradisional sekaligus kekinian jika dipadupadankan secara tepat,” ujar Aldhy.

 

5. Tampil trendi dengan scarf batik multifungsi

Scarf batik bisa menjadi salah satu item fesyen yang multifungsi dan membuat penampilan menjadi lebih trendi. “Masyarakat bisa memakai scarf sebagai pelengkap penampilan atau sebagai outer. Bahkan scarf batik juga bisa di mix and match menjadi hijab yang anggun,” ujar Aldhy.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement