Senin 02 Oct 2023 01:17 WIB

Ini Pesan Ayah yang Selalu Dikenang Arnold Schwarzenegger 

Ayah Arnold selalu berpesan agar ia menjadi orang yang berguna.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Aktor Arnold Schwarzenegger.
Foto: EPA
Aktor Arnold Schwarzenegger.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Arnold Schwarzenegger mengenang nasihat sang ayah sejak dirinya masih kecil, dan selalu dia jadikan filosofi hidup hingga saat ini. Schwarzenegger yang kini berusia 76 tahun mengatakan, nasihat sederhana itu adalah "jadilah berguna".

Ungkapan itu juga dijadikan judul buku motivasi teranyar Schwarzenegger, yakni Be Useful: Seven Tools for Life, yang akan terbit pada 10 Oktober 2023. Disampaikan Schwarzenegger, sang ayah selalu mengucapkan kalimat itu selama dia tumbuh besar di desa kecil bernama Thal di Austria.

Baca Juga

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa dahulu Schwarzenegger melalui masa kecil yang sulit bersama ayahnya, sebab terkadang dia mengalami kekerasan fisik. Sang aktor yang juga mantan binaragawan dan mantan gubernur itu tidak menyukai kekerasan, tapi dia juga tidak pernah menyalahkan ayahnya untuk apa pun. 

"Saya tidak pernah berkata di mana-mana bahwa itu adalah salah ayah saya. Ini bukan salah siapa pun. Saya punya kenangan indah tentang ayah saya, dan tidak menyalahkannya atas apa pun, hanya karena dia tidak tahu apa-apa," ungkap Schwarzenegger, dikutip dari laman People, Ahad (1/10/2023).

Menurut Schwarzenegger, didikan sang ayah justru membuatnya disiplin. Dia selalu bangun sebelum fajar terbit, dengan tubuh penuh energi, lalu memberi makan hewan-hewan dan melakukan hal-hal produktif. Performa serupa terus dia lakukan sampai sekarang.

Dari sosok binaragawan pemecah rekor, pemeran film laga yang dikenal secara global, hingga menjadi gubernur California, semua telah dijalani olehnya. Kini, di usia kepala tujuh, semangat Schwarzenegger pun tak surut. Dia tetap aktif berakting dan menjalani aktivitas lain.

Ayah lima anak itu membintangi serial live-action berjudul "Fubar" di Netflix, merilis serial dokumenter tentang kehidupannya bertajuk "Arnold", serta meluncurkan buletin dan podcast kebugaran "Arnold's Pump Club". Energi yang benar-benar luar biasa untuk orang seusianya.

"Saya selalu puas dengan hidup saya, tapi saya selalu haus akan pencapaian lebih. Hari ini saya merasa nyaman dengan apa yang saya jalani saat ini. Saya jauh lebih bijaksana sekarang. Saya jauh lebih pintar. Saya lebih memikirkan perasaan orang lain," ucapnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement