Rabu 27 Sep 2023 13:38 WIB

Banyak Dikeluhkan, Ini Solusi Meta untuk Pengguna Threads

Meta berusaha membuat Threads terpisah dari Instagram.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meta telah mengonfirmasi bahwa perusahaan sedang berupaya untuk menghapus akun Threads secara permanen tanpa menghapus akun Instagram terkait.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Meta telah mengonfirmasi bahwa perusahaan sedang berupaya untuk menghapus akun Threads secara permanen tanpa menghapus akun Instagram terkait.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Meta telah mengonfirmasi bahwa perusahaan sedang berupaya untuk menghapus akun Threads secara permanen tanpa menghapus akun Instagram terkait. Awal tahun ini, Meta telah mengumumkan Threads untuk bersaing dengan X (sebelumnya Twitter) milik Elon Musk. 

Namun, dilansir Neowin, Rabu (27/9/2023), aplikasi ini tidak memiliki satu fitur utama yaitu kemampuan untuk menghapus akun tanpa menghapus akun Instagram yang terkait juga. 

Baca Juga

Sekarang, di Tech Crunch Disrupt, Michel Protti, kepala privasi produk Meta mengonfirmasi bahwa perusahaan telah mengerjakan fitur tersebut. Dia lebih lanjut mencatat bahwa Meta menargetkan pada bulan Desember untuk meluncurkannya kepada pengguna Threads. 

“Secara teknis, sangat sulit untuk mengizinkan penghapusan akun Threads terpisah tanpa juga menghapus akun Instagram Anda secara keseluruhan. Jadi kami memberikan perhatian khusus untuk memastikan pengguna masih dapat menggunakan hak penghapusannya, dengan menonaktifkan akun untuk menyembunyikan semua konten, menyetelnya ke pribadi, atau menghapus rangkaian pesan individual,”  kata Protti.

Protti menyebutkan bahwa karena Threads terkait dengan Instagram, maka cukup menantang bagi perusahaan untuk membangun sistem yang akan memisahkan kedua layanan tersebut ketika seseorang memutuskan untuk menghapus Threads tetapi tetap mengaktifkan akun Instagram mereka. 

Selain itu, Threads telah menjajaki integrasi Fediverse yang memungkinkan pengguna Threads memposting konten pada platform terdesentralisasi seperti Mastodon. Namun, hal itu menambah masalah karena Meta perlu memikirkan cara menangani postingan di Fediverse jika penulis menghapusnya atau menonaktifkan akunnya. 

Pekan lalu, tangkapan layar dari profil penghapusan muncul di X yang mengonfirmasi bahwa Meta telah mengerjakan fitur tersebut. Berdasarkan tangkapan layar, Meta akan menghapus data Anda secara permanen 30 hari setelah menghapus profil. Selanjutnya, Anda tidak akan bisa membuka akun baru dengan akun Instagram yang sama hingga 120 hari. 

Aplikasi Threads milik Meta meraih kesuksesan segera setelah diluncurkan pada bulan Juli, mencapai dua juta pendaftaran hanya dalam beberapa jam. Selama berbulan-bulan, Meta telah secara aktif memperbarui layanan dengan fitur-fitur baru termasuk antarmuka desktop, kemampuan untuk mencari kata kunci, dan banyak lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement