Jumat 15 Sep 2023 15:25 WIB

Heboh Keunggulan iPhone 15, Bagaimana Urusan Kartu SIM?

Semua versi iPhone 15 memiliki dukungan eSIM dan dual-SIM.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Apple baru saja mengungkapkan seri iPhone terbaru, iPhone 15. Peluncuran tersebut tentu menghadirkan sejumlah perubahan seperti port USB-C. Beberapa dari penggemar juga mempertanyakan bagaimana denga
Foto: VOA
Apple baru saja mengungkapkan seri iPhone terbaru, iPhone 15. Peluncuran tersebut tentu menghadirkan sejumlah perubahan seperti port USB-C. Beberapa dari penggemar juga mempertanyakan bagaimana denga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru saja mengungkapkan seri iPhone terbaru, iPhone 15. Peluncuran tersebut tentu menghadirkan sejumlah perubahan seperti port USB-C. Beberapa dari penggemar juga mempertanyakan bagaimana dengan eSIM atau SIM fisik.

Mengingat iPhone 14 menghilangkan slot kartu SIM fisik di Amerika Serikat (AS), masuk akal jika Anda ingin mengetahui terlebih dahulu seperti apa situasinya dengan iPhone terbaru.

Baca Juga

Semua versi iPhone 15 memiliki dukungan eSIM dan dual-SIM. Jika Anda mencari dukungan SIM fisik, Anda akan sedih mendengar iPhone 15 tidak memiliki slot kartu SIM fisik di AS. Namun, varian dari negara lain hadir dengan slot kartu Nano-SIM. 

Dilansir Android Authority, Jumat (15/9/2023), iPhone 15 masih hadir dengan dukungan dual-SIM, bahkan di AS. Anda hanya akan dipaksa untuk menggunakan dua eSIM di iPhone versi khusus eSIM.

Apa yang terjadi dengan kartu SIM fisik iPhone 15?

Apple memulai tren baru dan cukup tidak populer dengan merilis seri iPhone 14 yang menghilangkan dukungan kartu SIM fisik di AS. Namun, iPhone 14 versi global masih memiliki slot kartu Nano-SIM.

Apple melanjutkan tradisi tersebut dengan perangkat iPhone 15 yang meliputi Apple iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Tak satu pun dari ponsel ini memiliki slot kartu SIM fisik di AS. Mereka hanya mengandalkan modul eSIM.

Konon, seri iPhone 15 versi global masih memiliki slot kartu SIM fisik. Faktanya, versi China bahkan mendukung dual SIM fisik. 

Jika Anda memiliki iPhone 15 versi AS, Anda harus menggunakan dua eSIM. Perangkat versi global dapat menggunakan Nano-SIM + eSIM, atau eSIM + eSIM. Untuk versi Cina, bisa menggunakan Nano-SIM + Nano-SIM.

 

Apakah kekurangan SIM fisik akan memengaruhi Anda?

Untungnya, masalah khusus eSIM hanya menjadi perhatian orang-orang di AS karena hanya perangkat iPhone 15 di negara ini yang memiliki konfigurasi khusus eSIM. Belum lagi, sebagian besar operator di AS mendukung teknologi eSIM.

Selain itu, dapat diasumsikan bahwa sebagian besar orang AS tidak akan melihat banyak perbedaan dalam penggunaan sehari-hari. Pengguna akan tetap menikmati ponsel mereka setelah sedikit pengalaman aktivasi yang sulit. Kebanyakan orang tidak berpindah telepon atau menambah dan menghapus saluran sepanjang waktu.

Namun, mungkin ada beberapa orang mengalami masalah dengan situasi khusus eSIM. Hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pelancong karena banyak negara mungkin hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki dukungan eSIM sama sekali dan slot kartu SIM fisik tidak akan menjadi pilihan.

Sedangkan untuk orang di luar AS, perangkat akan memiliki slot kartu SIM fisik. Hal ini membawa ke pilihan lain, yaitu Anda dapat mengimpor iPhone 15 dari negara lain. Tentu saja, hal ini mungkin mempunyai beberapa implikasi jaminan, tetapi hal ini mungkin saja terjadi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement