Kamis 14 Sep 2023 18:22 WIB

Studi: Kucing Vegan Lebih Sehat daripada Kucing Pemakan Daging 

Sumber protein utama pada makanan kucing bukan hanya daging.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
Peneliti di Inggris mengatakan bahwa kucing vegan tampaknya lebih sehat daripada kucing pemakan daging. (ilustrasi)
Foto: pixabay
Peneliti di Inggris mengatakan bahwa kucing vegan tampaknya lebih sehat daripada kucing pemakan daging. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan vegan mungkin sehat dan trendi bagi manusia, tetapi apakah ini baik jika diterapkan kepada kucing? Sebuah studi baru menyatakan bahwa jawabannya adalah ya. Para peneliti di Inggris mengatakan bahwa kucing vegan tampaknya lebih sehat daripada kucing pemakan daging.

Profesor Andrew Knight dari University of Winchester Inggris, salah satu penulis studi ini, menjelaskan sumber protein utama pada makanan kucing bukan hanya daging. Namun, ada sumber protein alternatif yang juga potensial bagi kucing yakni tumbuhan (sayuran, buah, kacang) maupun jamur.

Baca Juga

Dalam upaya untuk menjelaskan implikasi kesehatan dari pola makan vegan bagi kucing, Prof Knight dan timnya menganalisis data survei dari 1.369 pemilik kucing. Para pemilik ini juga ditanyai tentang kesehatan dan pola makan kucing di rumah mereka selama satu tahun terakhir.

Dari para peserta, sekitar sembilan persen melaporkan memberi makan kucing dengan pola makan vegan, sementara sisanya memilih pola makan berbasis daging. Setelah variabel seperti usia kucing dan status sterilisasi kucing diperhitungkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan vegan cenderung lebih sehat, meskipun perbedaannya tidak signifikan secara statistik.

Sebagai contoh, Prof Knight mengamati bahwa kucing yang menjalani pola makan vegan umumnya melaporkan lebih sedikit kunjungan ke dokter hewan dan lebih sedikit penggunaan obat. Ia juga mengklaim bahwa dokter hewan sering menggambarkan kucing yang diberi makan vegan lebih sehat, daripada kucing yang diberi makan daging.

Namun, setelah dianalisis lebih lanjut, tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara indikator kesehatan kucing dari kedua kelompok pola makan tersebut.

Dilansir Study Finds, Kamis (14/9/2023), survei ini juga meneliti 22 gangguan kesehatan tertentu. Ditemukan 42 persen kucing yang diberikan makanan berbasis daging melaporkan setidaknya satu gangguan kesehatan, dibandingkan dengan 37 persen pemilik kucing yang diberi makan vegan.

Menerbitkan temuan mereka dalam jurnal PLoS ONE, para peneliti mendukung potensi manfaat kesehatan dari pola makan vegan untuk kucing. Namun, mereka menekankan bahwa kandungan nutrisi yang sebenarnya dari makanan kucing tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Di sisi lain, beberapa dokter hewan telah menyatakan keberatan tentang pola makan vegan untuk kucing, terutama jika menghilangkan daging, telur, dan produk susu. Namun, penelitian yang membahas masalah ini secara langsung masih terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement