Ahad 03 Sep 2023 10:37 WIB

Pria Anggap Pakai Mobil Listrik Kurang 'Macho', Benarkah?

Kendaraan berbahan bakar bensin berperforma tinggi justru lebih disukai.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pria yang mengutamakan citra seperti pria sejati disebut cenderung tidak menyukai mobil bertenaga listrik.
Foto: Reuters
Pria yang mengutamakan citra seperti pria sejati disebut cenderung tidak menyukai mobil bertenaga listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kendaraan listrik (EV) sering dianggap sebagai masa depan transportasi, dengan raksasa seperti Ford dan Tesla berlomba untuk memproduksinya.

Namun, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa pria yang merasa lebih macho atau maskulin mungkin tidak memandang hal ini dengan cara yang sama, karena mereka percaya bahwa kendaraan listrik akan merusak citra mereka.

Baca Juga

Dr Michael Parent, seorang peneliti di University of Texas di Austin (UT), mengklaim bahwa pria yang mengutamakan citra seperti pria sejati cenderung tidak menyukai mobil bertenaga listrik.

Kendaraan berbahan bakar bensin berperforma tinggi justru lebih disukai sebagai penanda maskulinitas.

Temuan ini pun dianggap meningkatkan ketidakpastian yang mengkhawatirkan dan tidak terduga dalam upaya melawan perubahan iklim. “Hal ini tidak akan menjadi penyebab utama perubahan iklim, namun hal ini merupakan hal lain yang dapat dicegah dan menambah tumpukan masalah terkait iklim,” kata Dr Parent kepada MailOnline, dilansir Ahad (3/9/2023).

Meskipun permasalahan ini dapat diatasi melalui strategi periklanan, mungkin akan lebih baik jika pendidikan memperhatikan norma-norma peran gender yang sehat untuk mengurangi maskulinitas yang berbahaya secara umum.

Hal ini terkait dengan serangkaian perilaku negatif termasuk seksisme, homofobia, agresi, dan lain-lain. Sebagai bagian dari penelitiannya, Dr Parent meneliti konsep 'kemungkinan maskulin' di antara 400 pria yang tinggal di Amerika.

Persepsi maskulin mengacu pada sejauh mana seseorang mendasarkan harga dirinya pada standar budaya maskulinitas termasuk ketangguhan, status, dan anti-feminitas.

Persepsi ini bisa nyata atau khayalan, dan semua peserta diminta untuk setuju atau tidak setuju dengan serangkaian pernyataan termasuk 'Saya tidak bisa menghargai diri sendiri jika saya tidak memenuhi apa artinya menjadi "pria sejati".'

Jawabannya kemudian dibandingkan dengan kebiasaan dan sikap pembelian mobil, untuk memeriksa apakah bahan bakar/diesel, hibrida atau listrik lebih disukai.

Hampir 40 persen pria menilai kendaraan listrik sebagai pilihan terburuk, dan banyak dari peserta ini juga menganut pandangan paling tradisional 'maskulin'.

“Keputusan pembelian yang baik bagi konsumen dibuat, pada tingkat tertentu, dengan mempertimbangkan bagaimana pembelian tersebut mencerminkan identitas pribadi,” tulis Dr Parent.

Literatur sebelumnya menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, kendaraan listrik mungkin menarik bagi laki-laki dalam hal akselerasinya yang cepat dan daya tariknya sebagai inovasi teknologi.

Namun, di kalangan pria, dukungan terhadap maskulinitas dikaitkan dengan menurunnya preferensi terhadap kendaraan listrik.

Hasil mengejutkan ini terjadi ketika banyak sekali raksasa mobil yang berlomba mengembangkan kendaraan listrik (EV) baru yang mampu mengubah permainan di tengah meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan terhadap mesin berbahan bakar biasa.

Gerakan baru, seperti Zona Emisi Ultra Rendah (ULEZ) di London, juga mendorong pengemudi untuk menggunakan kendaraan listrik, dengan biaya harian sebesar 12,50 poundsterling untuk kendaraan yang tidak memenuhi standar emisi.

Psikolog Louise Goddard-Crawley mengklaim bahwa hasil penelitian ini berakar pada evolusi manusia dan gagasan dominasi yang sudah lama ada.

“Dari perspektif evolusi, sepanjang evolusi manusia, sifat-sifat yang terkait dengan maskulinitas, seperti kekuatan fisik dan dominasi, bermanfaat untuk kelangsungan hidup dan reproduksi,” kata dia kepada MailOnline.

Kendaraan tradisional, dengan mesin dan performa yang bertenaga, dapat melambangkan sifat-sifat ini, menjadikannya lebih menarik bagi sebagian individu yang menghargai maskulinitas tradisional.

'Mobil listrik, karena lebih senyap dan mungkin dianggap kurang bertenaga, mungkin dianggap menyimpang dari idealisme evolusioner, sehingga menimbulkan resistensi di antara mereka yang sangat mengidentifikasikan diri dengan norma-norma gender tradisional.

Terlepas dari temuannya, Dr Parent mengakui bahwa penelitiannya masih terbatas, sehingga menunjukkan bahwa tidak ada data yang menunjukkan hubungan sebab akibat langsung antara maskulinitas dan sikap terhadap kendaraan listrik. Preferensi mobil juga didasarkan pada hipotesis dan bukan keputusan pembelian nyata, sehingga menambah ambiguitas hasil.

“Kemungkinan besar banyak laki-laki yang rentan terhadap ancaman maskulinitas tanpa menyadarinya dan oleh karena itu penelitian eksperimental dalam paradigma maskulinitas yang berbahaya pada topik riset konsumen akan sangat berharga,” tulis dia.

Singkatnya, penelitian ini menunjukkan hubungan antara kemungkinan maskulinitas dan sikap serta niat membeli kendaraan listrik, berkontribusi dalam upaya mengatasi maskulinitas dan pilihan konsumen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement