Jumat 25 Aug 2023 14:16 WIB

Lagu Jungkook BTS ‘Seven’ tak Terbukti Plagiat Menurut Analisa Dispatch

Lagu ‘Seven’ milik Jungkook dituduh menjiplak ‘Time of Mask’.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Lagu Seven milik Jungkook dituduh plagiat lagu Time of Mask. Namun laporan media Dispatch membuktikan bahwa tuduhan tersebut tidak benar.
Foto: Twitter/@BTS_twt
Jungkook BTS. Lagu Seven milik Jungkook dituduh plagiat lagu Time of Mask. Namun laporan media Dispatch membuktikan bahwa tuduhan tersebut tidak benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Media Dispatch mendalami tuduhan bahwa “Seven” milik Jungkook memplagiat lagu “Time of Mask” yang diproduksi Yang Joon-young. Dengan menggandeng seorang ahli, Dispatch menyatakan bahwa tuduhan plagiarisme itu tidak berdasar.

Sebelumnya, dalam sebuah panggilan telepon dengan Dispatch pada 22 Agustus, Yang Joon-young mengungkap alasan mengapa ia percaya bahwa ada masalah plagiarisme. “Kunci lagu mungkin berbeda, namun sistem tangga nada empat bar di antara kedua lagu tersebut sama,” kata Yang Joon-young.

Baca Juga

Yang Joon-young menunjukkan bagaimana ada kemiripan antara bagian chorus "Time of Mask" (0:52-1:10) dan bagian bridge dari "Seven" (0:55-1:03). Namun, jika dilihat dari kunci asli masing-masing lagu, "Time of Mask" adalah E mayor, sedangkan "Seven" adalah B minor.

Kedua lagu tersebut dinyanyikan dengan kunci yang berbeda. Untuk membuat perbandingan yang lebih baik, mereka mengubah kunci kedua lagu tersebut agar lebih mirip: "Time of Mask" menjadi A minor dan "Seven" menjadi C mayor.

 

Setelah perubahan tersebut, nada-nada dari setiap suku kata dibandingkan, dan tidak ada kemiripan yang terlihat di antara kedua lagu tersebut. Notasi lagu “Time of Mask”: Ra Do Re Mi Re Do Ra / Do Re Mi Re Do Do / Ra Do Re Mi Re Do Do Sol / Sol Fa Fa Mi Re Do ...

Notasi lagu “Seven” : Mi Sol Ra Si Ra Sol Mi Mi / Mi Sol Ra Si Ra Sol Mi Mi / Mi Sol Ra Si Ra Sol Mi Mi / Re Re Do Do Si Ra Ra ...

Dispatch juga mengubah kunci agar melodi kedua lagu tersebut sesuai, meninggalkan "Time of Mask" di A minor dan mengubah "Seven" ke F mayor. Mereka kemudian sekali lagi membandingkan nada-nada tersebut.

Ra Do Re Mi Re Do Do Ra / Do Re Mi Re Do Do / Ra Do Re Mi Re Do Do Sol / Sol Fa Fa Mi Re Do (Notasi “Time of Mask”).

Ra Do Re Mi Re Do Ra Ra / Ra Do Re Mi Re Do Ra Ra / Ra Do Re Mi Re Do Ra Ra / Sol Sol Fa Fa Mi Re Re (Notasi “Seven”).

Dapat dilihat bahwa nada awal dari melodi tersebut sama, namun tetap ada perbedaan antara keseluruhan nada yang dinyanyikan antara kedua lagu tersebut. Klaim Yang Joon-young bahwa kedua nada tersebut sama belum terbukti benar.

Dispatch juga menyediakan notasi untuk lagu aslinya, yang menunjukkan notasi beserta penekanan yang tajam atau datar pada nada-nada tertentu. Jelaslah bagi Dispatch bahwa kunci lagu-lagu tersebut berbeda. Yang Joon-young mengatakan ia telah mengirimkan permintaan klarifikasi kepada produser "A" di HYBE, namun tidak mendapatkan tanggapan. Ternyata, produser "A" yang dikirimi pemberitahuan oleh Yang Joon Young sebenarnya adalah produser eksternal, bukan produser HYBE.

“Tidak ada informasi mengenai hal ini yang dikirimkan kepada kami. Tuduhan tersebut bersifat sepihak, dan lagu tersebut tidak memenuhi kriteria yang digunakan untuk menilai plagiarisme,” demikian pernyataan dari agensi BTS, HYBE, seperti dilansir Koreaboo, Jumat (25/8/2023).

Dispatch meminta pendapat dari seorang komposer luar tentang situasi ini, dan komposer tersebut menyatakan bahwa sengketa plagiarisme adalah omong kosong. “Total hanya ada 12 nada (termasuk notasi sharp). Oleh karena itu, ada banyak sekali lagu yang memiliki nada yang sama. Setidaknya ada dua faktor, seperti melodi atau akord, yang harus cocok untuk memunculkan diskusi tentang plagiarisme. Namun, kedua lagu di sini benar-benar berbeda. Perselisihan plagiarisme adalah omong kosong,” kata Komposer "B".

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement