Kamis 17 Aug 2023 10:20 WIB

Perayaan 17 Agustus, Presiden Berbaju Adat Surakarta Hingga Sapa Masyarakat

Masyarakat yang hadir terdengar memanggil-manggil nama Presiden agar bisa bersalaman.

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng yang dkkenakan oleh para Raja Pakubuwono Surakarta, saat menghadiri di perayaan HUT RI ke-78 di halaman depan Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).
Foto: Republika/N Dessy Suciati Saputr
Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng yang dkkenakan oleh para Raja Pakubuwono Surakarta, saat menghadiri di perayaan HUT RI ke-78 di halaman depan Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Presiden Joko Widodo punya gaya tersendiri saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada perayaan HUT ke-78 RI di Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, Jawa Tengah, pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara. “Ini dari Keraton Surakarta Hadiningrat,” kata Jokowi kepada wartawan sebelum upacara dimulai.

Baca Juga

Ageman tersebut dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat di mana raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawula atau masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulanya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

 

Sebelum upacara dimulai, Presiden sempat menyapa masyarakat yang hadir di Istana Merdeka. Presiden tampak menyambangi tenda yang menjadi tempat duduk para tamu undangan. Dia sempat bersalaman, berdialog hingga melakukan swafoto bersama masyarakat.

Masyarakat yang hadir terdengar memanggil-manggil nama Presiden agar bisa bersalaman dan berfoto bersama. Presiden pada upacara kali ini mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng yang biasa dikenakan para Raja Pakubwono Surakarta.

Presiden akan bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara yang diperkirakan akan menjadi upacara terakhir yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Untuk diketahui upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi tahun depan diproyeksikan akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sendiri telah siap mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Kamis, 17 Agustus 2023. Tim yang telah ditentukan itu dinamakan Tim Indonesia Maju.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement