Senin 14 Aug 2023 20:37 WIB

Biaya Operasional ChatGPT Rp 10 Miliar Setiap Hari, OpenAI Segera Bangkrut?

ChatGPT terus mengalami penurunan jumlah pengguna sejak Juni.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 OpenAI mungkin bangkrut pada tahun 2024 karena biaya operasional ChatGPT yang sangat besar dan dipengaruhi faktor lain./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
OpenAI mungkin bangkrut pada tahun 2024 karena biaya operasional ChatGPT yang sangat besar dan dipengaruhi faktor lain./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar April lalu muncul laporan produk OpenAI, ChatGPT yang menelan biaya sebesar 700 ribu dolar atau sekitar Rp 10 miliar setiap hari. Tak hanya itu, kerugian perusahaan Sam Altman juga berlipat ganda menjadi 540 juta dolar AS atau sekitar Rp 7,97 triliun sejak peluncuran ChatGPT.

Sejak viral pada November lalu, Chatbot AI digunakan secara luas di seluruh dunia. Namun, tampaknya perusahaan tidak dalam posisi bagus.

Baca Juga

Sesuai laporan terbaru, OpenAI mungkin bangkrut pada tahun 2024 karena biaya operasional ChatGPT yang sangat besar dan dipengaruhi faktor lain.

Menurut majalah Analytics India, ChatGPT mengalami penurunan jumlah pengguna pada bulan Juni. Penurunan pengguna diikuti pada bulan berikutnya. Pada Juni, 1,7 miliar orang menggunakan chatbot AI dan menurun 12 persen, yakni 1,5 miliar pengguna aktif pada Juli.

Laporan tersebut menyoroti seorang pengguna di Twitter (X) mengatakan salah satu alasan di balik penurunan pengguna adalah kanibalisasi API. Sebagian besar tempat kerja melarang penggunaan ChatGPT oleh karyawannya. Namun, mereka menggunakan API ChatGPT untuk menghasilkan model bahasa besar (LLM) mereka sendiri dan mendorong karyawan untuk menggunakannya.

Laporan itu juga mengungkapkan investasi Microsoft sebesar 10 miliar dolar AS mungkin membuat perusahaan tetap berjalan saat ini, tetapi OpenAI masih jauh dari target pendapatan 1 miliar dolar AS pada akhir tahun 2024. Hal ini terjadi karena kerugian perusahaan meningkat dan dananya berkurang. 

Selain itu, OpenAI mempekerjakan berbagai peran dengan gaji yang mengesankan. Bahkan, perusahaan memperluas kantor di London, yang semuanya berkontribusi terhadap biaya operasional perusahaan.

Biaya 700 ribu dolar AS untuk operasi setiap hari berasal dari kantong Microsoft dan investor lain. Jadi, jika OpenAI tidak segera menjadi perusahaan yang menguntungkan, pada akhirnya mereka akan bangkrut.

Dikutip dari India Today, Senin (14/8/2023), awal bulan ini, laporan Windows Terbaru mengatakan bahwa OpenAI telah mengajukan merek dagang yang mengisyaratkan GPT-5 mendatang. Aplikasi merek dagang AS yang terlihat oleh publikasi tersebut berasal dari tanggal 18 Juli dan menunjukkan OpenAI mungkin berencana untuk segera mengungkap LLM lainnya.

"OpenAI telah mengajukan aplikasi merek dagang baru dengan USPTO untuk GPT-5, perangkat lunak komputer yang dapat diunduh untuk menggunakan model bahasa," kata laporan Windows.

Laporan tersebut menambahkan bahwa saat mengajukan merek dagang GPT-3.5 dan GPT-4, OpenAI telah menggunakan istilah serupa dalam aplikasinya. Keduanya digambarkan sebagai perangkat lunak komputer yang dapat diunduh untuk menggunakan model bahasa.

Kali ini, penyebutan GPT-5 menunjukkan bahwa OpenAI mungkin akan membuat versi ChatGPT yang lebih kuat. Namun, tidak ada detail lebih lanjut yang diungkapkan dan OpenAI tidak perlu memutuskan untuk meluncurkan GPT-5 tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement