Ahad 13 Aug 2023 14:52 WIB

Asyik, Ada Festival Belanja, Diskon Hingga 78 Persen

Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023 digelar pada 10-20 Agustus 2023.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selama periode ISF 2023, akan ada midnight sale yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia.
Selama periode ISF 2023, akan ada midnight sale yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023 yang dimulai pada 10 Agustus hingga 20 Agustus 2023 dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia. Kegiatan tersebut diadakan serempak di seluruh pusat belanja di Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendukung adanya ISF karena pengelola pusat perbelanjaan dapat merangkul kreativitas dan inovasi untuk menarik perhatian konsumen. Dia sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini karena berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Peran mal ini luar biasa karena itu saya mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih,” kata Zulkifli di Grand Indonesia, beberapa hari lalu.

Baca Juga

Sementara itu, Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Wijaja mengatakan ISF 2023 diadakan beriringan dengan semangat kemerdekaan RI ke-78. Dalam hal ini, APPBI optimis turut berperan aktif mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya industri retail demi membangun perekonomian yang lebih hebat.

ISF 2023 menargetkan peningkatan jumlah pariwisata lokal dan international, penjualan di bidang ritel, dan mengedepankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta ekonomi kreatif. 

Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia semakin meriah dengan dilaksanakan pembukaan ISF 2023. Sama seperti tahun lalu, tahun ini pembukaan ISF digelar di beberapa kota besar pada tanggal 10 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB.

“Tahun ini, Kota Bandung, tepatnya di 23 Paskal Shopping Center dipilih sebagai lokasi utama pembukaan ISF 2023 dan langsung diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,” ujar Alphonzus.

Pada waktu bersamaan, pembukaan juga akan diadakan secara langsung di beberapa kota digelar di DKI Jakarta tepatnya di Grand Indonesia yang dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, Semarang di DP Mall Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Bali, di Sidewalk Jimbaran oleh Bupati Bali, I Nyoman Giri Prasta.

ISF 2023 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dari program Indonesia Great Sale yang sebelumnya diadakan dalam rangka merayakan HUT RI. Didukung oleh Kementrian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), ISF 2023 akan dipenuhi dengan diskon spesial hingga 78 persen sesuai dengan usia RI.

Selama periode ISF 2023, akan ada midnight sale yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Nantinya midnight sale akan digelar di Grand Indonesia, Jakarta, dan 23 Paskal Shopping Center, Bandung.

“GIPI mendukung penuh kegiatan ISF 2023, mengingat berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha retail untuk mengedepankan UMKM dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan jumlah wisatawan negara hingga wisatawan mancanegara,” ucap Ketua Umum DPP GIPI Hariyadi Sukamdani. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement