Rabu 09 Aug 2023 23:00 WIB

Peran Ayah Dinilai Penting dalam Mencegah Stunting

Peran ayah dalam pengasuhan mengurangi stres ibu dan membantu anak cukup nutrisi.

Sosialisasi Isi Piringku yang digelar bersamaan dengan Pelayanan Posyandu di Posyandu (ilustrasi).
Foto: DOK-Diskominfo Kota Batu
Sosialisasi Isi Piringku yang digelar bersamaan dengan Pelayanan Posyandu di Posyandu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Action Against Stunting Hub (AASH) Indonesia dr Raania Amaani menyatakan bahwa peran ayah dalam keluarga sangat penting untuk mencegah stunting (kekerdilan pada anak).

"Bapak dan Ibu harus memiliki pemahaman yang sama bahwa mendidik, merawat anak, dan memberikan nutrisi yang baik itu tugas bersama. Uangnya jangan dipakai untuk beli rokok, karena harga rokok bisa dapat telur banyak untuk nutrisi anak," kata Raania dalam keterangan yang disiarkan Antara di Jakarta.

Baca Juga

Ia mengatakan, peran aktif ayah dalam pengasuhan anak juga dapat membantu memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi keluarga. Ayah dan Ibu harus saling bekerja sama melawan stunting.

Sementara, Ketua Tim Edukasi dan Shared Value AASH Indonesia Dr Rita Anggorowati juga mengatakan, dukungan suami sangat berperan dalam mencegah stres pada ibu. Sosialisasi terkait peran ayah dalam pengasuhan anak juga perlu dilakukan.

 

"Dengan dukungan dan keterlibatan ayah, keluarga dapat bekerja sama untuk memberikan lingkungan yang sehat dan penuh kasih sayang bagi anak-anak," kata Rita.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement