Senin 07 Aug 2023 15:54 WIB

Viral, Anak Asuh Selebgram Dibawa Paksa Dinsos 

Para bayi telah diurus oleh yayasan milik Pratiwi sejak dalam kandungan ibu mereka.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Mansyur Faqih
selebgram Pratiwi Noviyanthi
Foto: Instagram
selebgram Pratiwi Noviyanthi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial video bayi-bayi yang diasuh oleh selebgram Pratiwi Noviyanthi dibawa oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang. Bayi-bayi itu diasuh di yayasan milik Pratiwi di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Para bayi telah diurus oleh yayasan milik Pratiwi sejak di dalam kandungan para ibu yang dikategorikan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Yayasan tersebut mengurus sang ibu yang ODGJ hingga kelahiran bayi-bayi tersebut.

Video pengakuan Pratiwi yang anak-anak asuhnya diambil Dinsos diunggah di Instagram @pratiwi_noviyanthi. Video itu telah ditonton lebih dari 52 ribu orang dan dibanjiri ratusan komentar mendukungnya.

"Gais semua anak-anak aku mau diambil, jadi akan dibawa ke panti sosial, aku gak tau sampai kapan. Tapi nggak tau buat aku ini berat banget. Aku rawat mereka dan ibunya dari dalam perut ibunya dan lahir, terus diambil," kata Pratiwi sambil menangis dalam video reels di akun Instagram, dengan lebih 670 ribu pengikut, dikutip Republika di Jakarta pada Senin (7/8/2023).

 

Dia mengeluh akan sikap Dinsos yang tidak sama sekali menanyakan ketulusannya membina yayasan yang mengasuh ODGJ serta bayi-bayi mereka. Diketahui yayasan tersebut belum berizin sehingga memaksa Dinsos untuk mengambil anak-anak tersebut di bawah pemerintah daerah.

"Nggak pernah ditanya berapa ODGJ yang kita rawat selama ini, nggak pernah ditanya sudah berapa banyak yang kita bantu. Nggak pernah ditanya gitu," tutur Pratiwi.

"Andaikan itu anak kalian yang udah kalian perjuangkan dari 0 dari mulai di perut ibu nya sampe lahiran, kita temenin sampe lahiran. Sekarang mau diambil, saya bukan teroris, saya bukan bandar narkoba," ujarnya masih sambil menangis pilu tentang pengambilan anak-anak asuhnya.

Pratiwi mencatat sekurangnya delapan anak ODGJ yang diurusnya sejak dalam kandungan. Mereka diberi mana Layla, Nayla, Athar, Kayla, Zayla, Afdhal, Arsyilla, Indela, Khairil.

Republika masih menunggu konfirmasi dari pihak Pratiwi mengenai kejelasan tentang yayasan tersebut. Sementara Dinsos Kota Tangerang jga masih diupayakan untuk memberikan keterangan terkait hal ini.

Warganet kemudian membanjiri komentar unggahan Pratiwi di Instagram. Bahkan banyak teman selebgram membuat  konten khusus terkait pengambilalihan paksa anak asuh Pratiwi.

"Jangan sampai orang-orang baik seperti teh Novi tidak mau turun ke jalan lagi untuk membantu, teh Novi sosok inspiratif, sebenarnya hasil teh Novi ngonten juga diputar untuk membiayai ODGJ dan anak2 ini. Miris sekali sebenarnya ????.. Sabar ya teh novi semoga Allah mendengarkan do'a2 kita Aamiin," kata komentar di Instagram.

"Ya allah teh novi yang sabar yaaa, semangat . Semoga segera terselesaikan, anak-anak asuh bisa dirawat dengan tulus oleh teh novi lagi," kata komentar lain lagi.

"Tolong dong pak @jokowi bantu teh Novi masa iya Dinsos kerjaan nya anak² yg udah jelas terawat main diambil aja pas adzan Magrib kek gerebek teroris, nohh banyak yang terlantar ODGJ, anak² terlantar di jalanan masa iya yang udah jelas terawat dengan baik main di ambil aja. Ayo dong bang @hotmanparisofficial @king_uyakuya kak marissyaichareal," kata komentar lain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement