Kamis 27 Jul 2023 16:53 WIB

Cara Mudah Membuat Disinfektan Ampuh, Cukup 3 Bahan Ini

Jangan menggunakan disinfektan tersbut pada permukaan marmer atau granit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Cuka putih bisa digunakan menjadi campuran bahan pembuat disinfektan (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Cuka putih bisa digunakan menjadi campuran bahan pembuat disinfektan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Semprotan disinfektan biasanya digunakan di seluruh rumah pada permukaan yang keras untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Kini seorang pemengaruh (influencer) bernama Lynsey Crombie membagikan cara membuat “disinfektan ampuh” hanya dengan menggunakan tiga barang rumah tangga.

Dia menjelaskan kepada Express.co.uk bahwa untuk membuat disinfektan yang kuat dengan mudah adalah dengan mengisi setengah botol semprotan dengan alkohol, 25 ml cuka putih, lalu 25 tetes minyak esensial favorit Anda.

Baca Juga

Crombie menyarankan memilih minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri seperti jeruk, pohon teh atau kayu putih. ''Tapi JANGAN gunakan ini pada permukaan marmer atau granit,” ujar Crombie, dilansir dari Express, Kamis (27/72/2023).

“Jika Anda ingin membuat pembersih sendiri, lakukan riset dan jangan ikuti tren TikTok kecuali pembersih profesional yang menawarkan saran profesional,” katanya lagi.

Cuka putih dapat ditemukan di sebagian besar supermarket, daring, atau di toko perangkat keras. Bahan ini baik untuk membersihkan karena bersifat asam yang berarti dapat melarutkan kotoran, debu, dan minyak dengan mudah.

Larutan pembersih alami juga cukup kuat untuk menghalau bakteri. Ini menjadikannya alternatif yang baik untuk semprotan pembersih berbahan kimia.

Crombie adalah salah satu pemberi pengaruh kebersihan paling populer di Inggris Raya (UK). Dia berbagi kiat dan trik dengan audiensnya yang berjumlah lebih dari 300 ribu pengikut di Instagram. Crombie juga secara teratur tampil di This Morning ITV sebagai ahli kebersihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement