Rabu 26 Jul 2023 14:41 WIB

Hati-hati, Platform Ini Penuh dengan Materi Pelecehan Anak

Peneliti menemukan ribuan unggahan yang terindikasi memuat materi pelecehan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Platform media sosial terdesentralisasi, Mastodon, yang dipandang sebagai alternatif yang layak sebagai pengganti Twitter, ternyata memuat banyak materi pelecehan seksual terhadap anak (Ilustrasi)
Foto: epa/Corbis/FRANCIS R. MALASIG
Platform media sosial terdesentralisasi, Mastodon, yang dipandang sebagai alternatif yang layak sebagai pengganti Twitter, ternyata memuat banyak materi pelecehan seksual terhadap anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Platform media sosial terdesentralisasi, Mastodon, yang dipandang sebagai alternatif yang layak sebagai pengganti Twitter, ternyata memuat banyak materi pelecehan seksual terhadap anak (CSAM). Hal itu diungkap oleh penelitian terbaru dari Stanford Internet Observatory yang berbasis di Amerika Serikat.

Temuan ini menimbulkan kekhawatiran serius tentang efektivitas keamanan di seluruh platform terdesentralisasi. Platform semacam ini memang memberi lebih banyak kontrol otonomi dan memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan komunitas yang dijalankan secara independen.

Baca Juga

Dalam studi ini, peneliti melacak konten CSAM melalui tagar populer, SafeSearch Google, serta PhotoDNA, sebuah alat yang membantu menemukan CSAM yang ditandai untuk mengidentifikasi gambar-gambar bermuatan pornografi.

Selama dua hari, para peneliti menemukan lebih dari 2.000 unggahan yang terindikasi memuat materi pelecehan.

"Kami mendapatkan lebih banyak hit PhotoDNA dalam periode dua hari dibandingkan dengan yang pernah kami dapat sepanjang sejarah organisasi kami dalam melakukan analisis media sosial apa pun, dan bahkan tidak ada yang menyamainya," ujar David Thiel, salah satu penulis studi seperti dilansir dari Siasat Daily, Rabu (25/7/2023).

Selama pencariannya, tim menemukan 554 konten yang cocok dengan tagar atau kata kunci yang biasa digunakan oleh kelompok pelecehan seksual anak secara online, yang semuanya yang semuanya diidentifikasi sebagai eksplisit dengan 'tingkat kepercayaan tertinggi' oleh Google SafeSearch.

Terdapat juga 713 penyebutan 20 tagar terkait CSAM teratas di Fediverse (sekelompok layanan jejaring sosial federasi) yang diposting dengan media, dan 1.217 penyebutan hanya teks tentang perdagangan CSAM di luar situs atau perawatan anak di bawah umur.

Menurut penelitian tersebut, postingan terbuka CSAM sangat mengganggu. Jaringan terdesentralisasi tidak melakukan pendekatan moderasi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh situs-situs utama seperti Facebook, Instagram, dan Reddit. Sebaliknya, moderasi didelegasikan ke setiap contoh yang terdesentralisasi, yang dapat menyebabkan ketidakkonsistenan di seluruh Fediverse.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement