Rabu 19 Jul 2023 19:31 WIB

Mengenal Guli Nazha, Muslimah Xinjiang yang Kondang Berkat Parasnya

Nazha yang asli suku Uighur semakin naik daun berkat membintangi drama China.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aktris Guli Nazha terkenal dengan kecantikan alami dan fitur Eurasia. Nazha menjadi perhatian industri hiburan pada usia 16 tahun.
Foto: IG nazhagallery
Aktris Guli Nazha terkenal dengan kecantikan alami dan fitur Eurasia. Nazha menjadi perhatian industri hiburan pada usia 16 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Agama Islam menjadi agama minoritas di Tiongkok. Tidak banyak dari warganya yang menganut agama Islam. Namun, beberapa di antaranya justru orang-orang ternama. Salah satunya, aktris Guli Nazha.

Dilansir dari laman My Dramalist, Rabu (19/7/2023), aktris bernama lengkap Gulnezer Bextiyar juga dikenal sebagai Coulee Nazha, Gu Li Na Zha, Coulee Nazha, Gulinazhaer Baihetiyaer, Gulnazar, Nazha dan Gülnezer Bextiyar. Perempuan berkebangsaan China ini, lahir di Ürümqi, Xinjiang, pada 2 Mei 1992 silam. Dia kuliah di Universitas Seni Xinjiang, jurusan menari, ketika dia masih muda.

Baca Juga

Dilansir dari laman South China Morning Post, Rabu (19/7/2023), lulusan Akademi Film Beijing ini terkenal dengan kecantikan alami dan fitur Eurasia. Nazha menjadi perhatian industri hiburan pada usia 16 tahun. Kala itu, dia berpartisipasi dalam kontes model dan memenangkan penghargaan untuk kategori paling fotogenik.

Nazha melakukan debut aktingnya di serial televisi Xuan-Yuan Sword: Scar of Sky pada tahun 2012, dan sejak itu berperan dalam film seperti God of War Zhao Yun (2016) dan Dynasty Warriors (2018). Wajah Nazha juga sangat dikenal di acara televisi dan juga muncul dalam video musik dengan mega popstar Taiwan Jay Chou.

Nazha mengikuti audisi untuk Akademi Film Beijing pada tahun 2011. Selama audisi, penampilannya yang unik mendapat perhatian dan fotonya diambil dan dipublikasikan secara online. Karena publikasi tersebut, dia ditemukan dan ditandatangani oleh Tangren Media.

Nazha berasal dari suku Uighur yang semakin naik daun berkat membintangi drama China, termasuk Ten Years Late yang tayang pada Oktober 2019. Nazha juga pernah ikut memeriahkan acara Mnet Asian Music Awards 2019 yang digelar di Jepang. Saat berada di MAMA 2019, Nazha mengaku sebagai penggemar berat Lee Min Ho dan BTS.

Perempuan yang dijuluki Venus Uighur ini juga berperan dalam The Dance of the Storm yang tayang di iQIYI pada Mei 2021. Selain berakting, Guli juga banyak mendapat tawaran sebagai model dan duta produk karena wajahnya yang tergolong unik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement