Sabtu 15 Jul 2023 22:31 WIB

Aksi Mogok Sineas, Avatar 3 Hingga Gladiator Dprediksi Mundur

Aksi mogok ini diprediksi tidak terlalu banyak menganggu penonton di bioskop.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Aksi mogok yang dilakukan SAG-AFTRA.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Aksi mogok yang dilakukan SAG-AFTRA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film-film besar yang sedang diproduksi termasuk sekuel Avatar 3 dan Gladiator tampaknya akan terpengaruh oleh aktor dan aktris Hollywood yang melakukan aksi mogok.

Acara promosi seperti pemutaran perdana red carpet juga akan terpengaruh, seperti film Disney Haunted Mansion, yang dirilis akhir bulan ini. Acara termasuk Emmy dan Comic-Con juga bisa dijadwalkan ulang atau diperkecil.

Baca Juga

Ini merupakan penutupan industri terbesar selama lebih dari 60 tahun, sekitar 160 ribu artis berhenti bekerja pada Jumat (14/7/2023) tengah malam. Pengumuman pemogokan mengikuti aksi pemogokan serupa dari Writers Guild of America (WGA) dan menghentikan sebagian besar produksi film dan TV Amerika Serikat.

Screen Actors Guild (SAG) ingin raksasa streaming menyetujui pembagian keuntungan yang lebih adil dan kondisi kerja yang lebih baik. Ia juga ingin melindungi artis agar tidak direbut oleh replika digital.

Serikat pekerja mencari jaminan bahwa kecerdasan buatan (AI) dan wajah serta suara yang dihasilkan digital, tidak akan digunakan untuk menggantikan aktor dan aktris. Selama pemogokan berlangsung, aktor dan aktris tidak dapat tampil di film atau bahkan mempromosikan film yang telah mereka buat.

Produksi lain yang mungkin terpengaruh termasuk Deadpool 3 yang dibintangi Ryan Reynolds dan Hugh Jackman, bersama dengan sekuel Beetlejuice Tim Burton dan film yang diadaptasi dari musikal Wicked. Ada kemungkinan juga bahwa serial TV “House of the Dragon” HBO akan terkena serangan tersebut, bersama dengan seri kedua dari Netflix “The Sandman and Family Guy” dan “The Simpsons” di Fox.

Kepala Eksekutif Asosiasi Sinema Inggris, Phil Clapp, mengatakan pemogokan itu tidak akan menyebabkan terlalu banyak gangguan bagi penonton bioskop. “Mengingat tantangan yang dihadapi operator bioskop Inggris dalam beberapa tahun terakhir, semua akan khawatir dengan apa pun yang berpotensi mengancam pasokan film ke layar lebar, dan sangat diharapkan bahwa akan ada resolusi cepat untuk masalah ini,” kata dia.

"Yang mengatakan, sudah ada daftar film yang kuat terkunci untuk pekan dan bulan yang akan datang, dimulai dengan Mission Impossible: Dead Reckoning Part One, Barbie, dan Oppenheimer, atau datang ke bioskop segera dan (dengan judul utama lainnya membentang hingga 2024) menjanjikan untuk menghibur jutaan penonton bioskop,” kata dia menlanjutkan.

“Kecuali jika pemogokan saat ini berlarut-larut, kami yakin bioskop akan membuat sedikit perubahan jika ada gangguan di masa mendatang,” ujar dia mengakhiri.

Aktor Cillian Murphy, Matt Damon, dan Emily Blunt, telah meninggalkan pemutaran perdana Oppenheimer karya Christopher Nolan di London pada Kamis malam, saat pemogokan diumumkan.Beberapa aktor dan aktris juga turun ke Instagram untuk menyuarakan dukungan mereka untuk pemogokan tersebut.

Untuk mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan AI, studio besar telah menawarkan apa yang mereka sebut ‘proposal terobosan’ yang akan melindungi kemiripan digital aktor dan aktris, serta memerlukan persetujuan mereka saat replika digital digunakan dalam pertunjukan atau ada perubahan.

Serikat pekerja menolak tawaran yang diajukan oleh Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) itu. Direktur eksekutif nasional dan kepala negosiator SAG, Duncan Crabtree-Ireland, mengatakan hal itu tidak dapat diterima.

“Mereka mengusulkan agar latar belakang artis harus bisa dipindai, dibayar untuk gaji satu hari, dan perusahaan mereka harus memiliki pindaian gambar mereka, rupa mereka, dan harus dapat menggunakannya selama sisa keabadian. Jika menurut kalian itu adalah proposal terobosan, saya sarankan untuk berpikir lagi,” kata Duncan.

Serikat pekerja ini secara resmi dikenal sebagai Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists atau SAG-AFTRA. Selain residu yang lebih besar, salah satu tuntutan layanan streaming adalah aktor harus menerima gaji pokok yang lebih besar.

Pemogokan tersebut mencakup puluhan ribu aktor yang menerima bayaran yang jauh lebih rendah untuk bagian-bagian kecil daripada daftr papan ayas mereka. Pemogokan terpisah oleh 11.500 anggota Writers Guild of America atau WGA yang menuntut gaji dan kondisi kerja yang lebih baik telah berlangsung sejak 2 Mei 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement