Rabu 12 Jul 2023 19:30 WIB

Kiat Pilih Hijab yang Nyaman

Tren jilbab selalu muncul membuat gaya berhijab menjadi lebih modis.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Motif dan tipe hijab yang kini hadir di pasaran sangat beragam./ilustrasi
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Motif dan tipe hijab yang kini hadir di pasaran sangat beragam./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Model hijab sangat beragam di pasaran. Tren jilbab selalu muncul membuat gaya berhijab menjadi lebih modis. Terlebih motif dan tipe hijab yang dihadirkan pun sangat beragam. Ada yang bermotif, ada yang polos. Ada yang berbahan katun, ada pula yang terbuat dari kain berbahan serat alam.

Menariknya, beragam jenis dan tipe hijab itu tak pernah kehilangan peminat. Bahkan, beberapa jenama mampu menjual habis koleksi hijab terbaru dalam waktu singkat.

Baca Juga

Agar dapat menggunakan hijab dengan tepat dan benar, ada sejumlah kiat yang dapat diterapkan. Apa sajakah?

1.Pilih motif jilbab yang sesuai dengan pakaian yang akan dipakai saat itu.

Sebaliknya jika memakai baju polos, gunakan jilbab motif yang sesuai. Jika ingin motif semua, lebih baik untuk memilih warna senada agar tidak terlalu ramai.

 

2. Pilih bahan yang nyaman.

Ini terutama mencari bahan yang tak mudah kusut saat terkena angin atau air wudhu. Material voal biasanya memudahkan penggunaaan karena rapi sepanjang hari.

 

3. Sesuaikan hijab dengan bentuk muka.

Model jilbab segi empat, yang dipakai dengan melipat menjadi segi tiga, biasanya dapat membuat wajahnya terlihat lebih tirus. Sedangkan, model pasmina dinilai justru membuat wajah lebih bulat.

 

4. Berikan perawatan yang tepat.

Untuk masalah perawatan, disarankan tidak mencuci hijab dengan mesin cuci, tapi cukup dicuci dengan tangan. Lebih baik bila merendam jilbab menggunakan deterjen terlebih dulu, kemudian dijemur dengan cara di balik bagian dalamnya. Jangan terlalu panas saat menyetrika, karena bisa merusak jilbab. Setelah itu, disimpan di lemari atau di rak khusus jilbab. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement