Kamis 06 Jul 2023 12:38 WIB

Mau Ikut Tour de Merapi, Begini Cara Pendaftarannya

TDM 2023 akan dilaksanakan pada 23 Juli 2023.

Wisatawan mengikuti trip wisata lava tour Merapi di kawasan Kali Kuning, Sleman, Yogyakarta, Jumat (30/6/2023). Tour de Merapi 2023 ditargetkan diikuti 300 sepeda motor.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan mengikuti trip wisata lava tour Merapi di kawasan Kali Kuning, Sleman, Yogyakarta, Jumat (30/6/2023). Tour de Merapi 2023 ditargetkan diikuti 300 sepeda motor.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Masih punya jatah libur untuk akhir Juli ini? Penggemar kegiatan bermotor santai dapat ikut serta ajang Tour de Merapi (TDM) dan menikmati jelajah destinasi wisata unggulan di wilayah Sleman.

"Pada kegiatan yang ke-19 atau tahun 2023 ini, TDM difokuskan untuk mengenalkan kembali sejumlah destinasi wisata di Sleman bagian utara dan timur," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, di Sleman, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Menurut Ishadi, TDM 2023 sengaja memilih rute atau jalur yang melewati destinasi wisata di wilayah utara dan timur. Itu ditujukan agar dapat mengangkat kembali atau mengingatkan masyarakat akan destinasi wisata di Sleman utara dan timur yang saat ini sudah banyak berkembang.

"Sebelumnya, ajang TDM memang pernah melalui rute Sleman utara dan timur, nah tahun ini kembali dipilih jalur tersebut dengan penampilan destinasi wisata terkini dan berbagai tambahan suguhan yang menarik di setiap pos atau jalur yang dilalui," katanya.

Ishadi mengatakan, TDM 2023 yang dilaksanakan pada 23 Juli 2023 tersebut akan mengambil rute start dari Lapangan Pemda Sleman dan akan finis di kawasan Taman Tebing Breksi Prambanan.

"Nanti peserta akan melewati destinasi-destinasi wisata di wilayah lereng Gunung Merapi, seperti di wilayah Pakem, Cangkringan dan akan berakhir di kawasan perbukitan Prambanan dengan potensi wisata alam, bangunan candi dan Tebing Breksi," katanya.

Ishadi mengatakan, TDM merupakan ajang jelajah wisata kendaraan roda dua dengan total jarak tempuh kurang lebih 100 kilometer yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Saka Pariwisata Kabupaten Sleman dan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan kembali destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman melalui kegiatan bermotor santai," kata dia.

Ishadi mengatakan, peserta Tour de Merapi dengan tema "Explore Sleman" ini ditargetkan diikuti 300 sepeda motor atau sebanyak sekitar 600 peserta.

"Selain akan bersama-sama menjelajahi Kabupaten Sleman, ajang ini juga menyediakan sejumlah doorprize menarik bagi peserta, seperti sepeda motor, sepeda, televisi, laptop, ponsel, dan lainnya," katanya pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement