Selasa 27 Jun 2023 02:05 WIB

Apple Desak Jutaan Pengguna Segera Lakukan Pembaruan iPhone

Pembaruan harus segera dilakukan karena dua kelemahan keamanan ditemukan di iPhone.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
Apple telah mengeluarkan pembaruan mendesak untuk jutaan pengguna iPhone setelah dua kelemahan keamanan kritis ditemukan.  (ilustrasi).
Foto: AP
Apple telah mengeluarkan pembaruan mendesak untuk jutaan pengguna iPhone setelah dua kelemahan keamanan kritis ditemukan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah mengeluarkan pembaruan mendesak untuk jutaan pengguna iPhone setelah dua kelemahan keamanan kritis ditemukan. Raksasa teknologi itu memperingatkan bahwa versi terbaru iOS 16, yang disebut iOS 16.5.1, diperlukan untuk melindungi pengguna dari dua kerentanan yang sudah diketahui cara eksploitasinya oleh peretas.

Dilansir dari Independent, Senin (26/6/2023), salah satu bug melibatkan “lampiran jahat” yang dikirim melalui iMessage, yang memungkinkan penjahat dunia maya mengakses rekaman audio, foto, dan data lokasi pengguna iPhone. Peneliti keamanan mengatakan kelemahan keamanan, yang dijuluki TriangleDB, telah dieksploitasi melalui kampanye yang disebut Operation Triangulation, yang menargetkan karyawan perusahaan siber Kaspersky.

Baca Juga

Kaspersky menulis dalam posting blog awal bulan ini bahwa penyebaran spyware benar-benar tersembunyi dan tidak memerlukan tindakan dari pengguna. “Spyware kemudian secara diam-diam mentransmisikan informasi pengguna pribadi ke server jarak jauh: rekaman mikrofon, foto dari pengirim pesan instan, geolokasi, dan data tentang sejumlah aktivitas lain dari pemilik perangkat yang terinfeksi,” ujar Kaspersky.

Bug kedua memengaruhi mesin browser WebKit Apple, yang membuat pengguna terkena sesuatu yang dikenal sebagai eksekusi kode arbiter. Ini dapat mengakibatkan pihak ketiga yang jahat mencuri data atau meretas perangkat.

Kedua eksploitasi juga dapat memengaruhi pengguna iPad dan Mac, dengan Apple mengeluarkan perbaikan keamanan untuk semua perangkat ini. Apple juga merilis pembaruan perangkat lunak untuk Apple Watch, yang menghadirkan fitur-fitur baru ke jam tangan pintarnya tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino California meluncurkan sistem operasi seluler terbaru iOS 17 awal bulan ini, meskipun belum tersedia secara luas. Tanggal rilis publik lengkap iOS 17 akan dilakukan saat iPhone baru diumumkan pada bulan September.

Pembaruan iOS 16 mencakup lebih dari satu dekade perangkat, kembali ke iPhone 6s dan Apple Watch Series 3. “Pembaruan ini memberikan perbaikan keamanan penting dan direkomendasikan untuk semua pengguna,” tulis Apple dalam catatan rilis untuk iOS 16.5.1.

Pengguna Apple Watch, iPhone, iPad, dan Mac dapat memperbarui perangkat mereka dengan membuka aplikasi Settings dan memiliki ‘General’> ‘Software update’, lalu mengikuti petunjuknya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement