Rabu 21 Jun 2023 14:43 WIB

Temukan Passion dalam Karier, BCC Berikan Tips 5 Langkah Menuju Pekerjaan yang Memuaskan

Menemukan passion dalam karier merupakan hal yang penting untuk mencapai kepuasan.

Menemukan passion dalam karier merupakan hal yang penting untuk mencapai kepuasan dan kesuksesan jangka panjang.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Menemukan passion dalam karier merupakan hal yang penting untuk mencapai kepuasan dan kesuksesan jangka panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menemukan passion dalam karier merupakan hal yang penting untuk mencapai kepuasan dan kesuksesan jangka panjang dalam dunia kerja. Ketika memiliki gairah terhadap pekerjaan yang dilakukan, akan merasa lebih termotivasi, bersemangat, dan puas dengan hasil yang dicapai. 

Aprih Widayanto selaku koordinator BSI Career Center (BCC), Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, mengatakan menemukan passion dalam karier merupakan perjalanan yang membutuhkan pemahaman diri, eksplorasi dan refleksi yang kontinu.

“Dalam menemukan passion dalam karier, herus memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan salah satunya dengan memahami minat dan bakat, melakukan eksplorasi dan penelitian, mencari pengalaman dan masih banyak yang lainnya, hal ini dengan dedikasi dan tekad dapat menuju ke pekerjaan yang memuaskan dan memenuhi passion,” ungkap Aprih. 

Berikut lima hal atau langkah yang dibagikan oleh Aprih, apa yang harus dilakukan saat akan menemukan passion dalam karier.

1. Pahami minat dan bakat

Langkah pertama dalam menemukan passion dalam karier adalah dengan memahami minat dan bakat. Perhatikan hal-hal apa yang selalu membuat bersemangat dan termotivasi. Pertimbangkan juga bakat dan keahlian, serta cara dapat mengaplikasikannya dalam dunia kerja. Pemahaman yang mendalam tentang minat dan bakat akan membantu mengarahkan karier ke jalur yang sesuai.

2. Eksplorasi dan penelitian

Langkah selanjutnya melakukan eksplorasi dan penelitian tentang berbagai bidang dan pekerjaan yang sesuai dengan minat. Direkomendasikan untuk membaca buku, mengikuti seminar atau workshop, dan berbicara dengan para profesional yang bekerja di bidang yang minati. 

3. Cari pengalaman praktis

Langkah yang ketiga ialah cari pengalaman praktis yang dapat membantu menguji minat dan passion dalam konteks dunia kerja. Untuk mencari kesempatan magang, pekerjaan paruh waktu, atau proyek sukarela di bidang yang minati. Pengalaman ini akan memberi gambaran yang lebih nyata tentang pekerjaan tersebut dan membantu memutuskan apakah itu sesuai dengan passion atau tidak.

4. Berinteraksi dengan profesional di bidang yang diminati

Penting untuk berinteraksi dengan para profesional yang telah berhasil dalam bidang yang diminati. Manfaatkan jaringan yang ada, seperti teman atau rekan kerja yang bekerja di bidang tersebut. Ajukan pertanyaan, minta nasihat, dan pelajari pengalaman mereka. Berinteraksi dengan mereka dapat memberi wawasan berharga tentang karier yang ingin  geluti dan membantu memperkuat keyakinan.

5. Evaluasi dan refleksi

Selama proses menemukan passion dalam karier, langkah selanjutnya, penting untuk terus melakukan evaluasi dan refleksi diri. Tinjaulah apakah bidang atau pekerjaan yang dieksplorasi sesuai dengan minat dan nilai-nilai. Jika ditemukan ketidaksesuaian, jangan takut untuk kembali ke langkah sebelumnya dan mencari bidang yang lebih sesuai. Evaluasi dan refleksi ini akan membantu mengarahkan langkah menuju pekerjaan yang lebih memuaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement