Kamis 22 Jun 2023 03:31 WIB

Liburan Lebih Seru, Persiapkan Ini Dulu

Mempersiapkan kegiatan liburan sekolah bisa jadi hal yang menantang bagi orang tua.

Banyak paket promosi saat liburan sekolah atau libur panjang Idul Adha. Hal ini dimulai dari promo harga kamar dan villa, sejumlah menu baru serta fasilitas untuk aktivitas anak./ilustrasi.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani 
Banyak paket promosi saat liburan sekolah atau libur panjang Idul Adha. Hal ini dimulai dari promo harga kamar dan villa, sejumlah menu baru serta fasilitas untuk aktivitas anak./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Liburan sekolah atau liburan panjang saat Idul Adha pekan depan merupakan momen untuk melakukan berbagai aktivitas menarik bersama keluarga, mulai dari menjelajahi destinasi baru, mengunjungi taman hiburan, hingga staycation. Namun, perlu persiapan yang matang supaya liburan sekolah dengan keluarga berjalan lancar dan seru. 

“Mempersiapkan kegiatan liburan sekolah bisa menjadi hal yang menantang bagi orang tua. Maka, Tokopedia berupaya untuk mempermudah masyarakat–khususnya orang tua yang sedang mempersiapkan aktivitas saat liburan sekolah–untuk menemukan berbagai layanan hingga produk yang sesuai,” ujar Sales and Operation Development Senior Lead Tokopedia, Mirna Puspita, dalam siaran pers, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga

Agar liburan makin seru dan berjalan lancar, Mirna membagikan tips untuk mempersiapkan kegiatan selama liburan sekolah. 

1.Riset terlebih dahulu

Mengisi liburan sekolah membutuhkan persiapan yang matang, apalagi jika pergi bersama keluarga. “Pastikan kita sudah riset terlebih dahulu sebelum pergi, mulai dari tempat yang ingin dituju, bagaimana keadaan di sana hingga fasilitas apa yang kita perlukan. Dengan melakukan riset secara seksama kita bisa meminimalisasi ketidaknyamanan saat berlibur dengan keluarga,” jelas Mirna.

Masyarakat juga bisa membandingkan berbagai moda transportasi yang akan dipilih untuk liburan. “Lewat Tokopedia, masyarakat dapat dengan mudah melihat berbagai harga tiket pesawat, kereta api dan hotel lalu memesannya sesuai dengan anggaran liburan,” usul Mirna. 

“Kami mencatat, ada peningkatan transaksi tiket pesawat, kereta api dan hotel ke beberapa destinasi domestik seperti Medan, Yogyakarta, Malang dan Bali selama kuartal II dibandingkan kuartal I 2023 melalui Tokopedia,” jelas Mirna. 

 

2. Cek promo supaya biaya liburan sekolah lebih hemat

“Tokopedia telah menghadirkan banyak promo melalui kampanye ‘Tokopedia Liburia’, mulai dari diskon hingga Rp1 juta untuk pembelian penginapan seperti hotel, vila dan apartemen, tiket pesawat hingga berbagai tiket tujuan wisata dan atraksi, baik di Indonesia maupun luar negeri,” jelas Mirna.

“Tokopedia juga melihat, ada peningkatan transaksi tiket pesawat dan hotel ke beberapa destinasi internasional seperti Bangkok dan Kuala Lumpur pada kuartal II dibandingkan kuartal I 2023 melalui Tokopedia,” tutur Mirna. 

 

3.Isi dengan aktivitas menyenangkan

Agar liburan makin seru, penting untuk merencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi. “Kepraktisan dalam membeli tiket tempat wisata, seperti kebun raya atau taman bermain, secara online lewat Tokopedia memberi kemudahan bagi masyarakat. Selain tidak perlu mengantri, masyarakat juga dapat membuat liburan berjalan lebih lancar,” ujar Mirna.

Tokopedia pun mencatat Kota Pasuruan (Jawa Timur), Samarinda (Kalimantan Timur) dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk travel melalui Tokopedia selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

 

4.Lunasi tagihan sebelum berangkat liburan sekolah

Untuk menghindari denda keterlambatan dan pemutusan layanan saat kembali ke rumah, pastikan untuk melunasi tagihan sebelum berangkat liburan. “Tokopedia telah menghadirkan fitur Kelola Tagihan untuk mempermudah masyarakat membayar belasan macam tagihan dan top-up–antara lain Paket Data, Listrik PLN, m-tix XXI, Internet dan TV Kabel, Air PDAM, Telkom, Premi Asuransi, Pajak PBB, Angsuran Kredit, Uang Elektronik, Pulsa Pra maupun Pascabayar, Properti, Tagihan Gas dan BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan–secara sekaligus, lewat satu halaman,” tutur Mirna. 

 

 

 

5.Jaga stamina selama liburan sekolah

Menjaga kesehatan selama liburan merupakan hal yang sangat penting karena saat liburan biasanya ditempuh dalam jarak yang jauh dan melibatkan aktivitas fisik yang intens. Jika kondisi badan sedang tidak fit, tubuh akan mudah lelah, terjangkit penyakit dan akhirnya tidak bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Agar tubuh tetap fit dan stamina tetap terjaga selama masa liburan sekolah, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur dan minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. “Masyarakat bisa membeli berbagai vitamin dan makanan sehat di Tokopedia NOW! dengan berbagai promo menarik seperti bebas ongkir dan tiba 2 jam setelah pembayaran,” ujar Mirna. 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement