Selasa 13 Jun 2023 02:48 WIB

Kartu Kredit Aman tanpa Nomor, Bagaimana Cara Bertransaksinya?

Inilah terobosan baru untuk produk kartu kredit tanpa adanya nomor.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Direktur Risiko PT Honest Financial Technologies, Sanjay Nandrajog, dan Direktur Utama PT Honest Financial Technologies, Dharu Estiningrum, memperagakan penggunaan Honest Card menggunakan sistem tap-to-pay, saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (9/6/2023).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Direktur Risiko PT Honest Financial Technologies, Sanjay Nandrajog, dan Direktur Utama PT Honest Financial Technologies, Dharu Estiningrum, memperagakan penggunaan Honest Card menggunakan sistem tap-to-pay, saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (9/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---PT Honest Financial Technologies meluncurkan sebuah terobosan kartu kredit tanpa nomor kartu. Oleh karena itu, kartu kredit ini dijamin aman dan sistem transaksinya pun mudah dengan tap-to-pay.

“Kami akan bawa teknologi pembayaran yang kami yakin ini pertama di Indonesia. Pembayaran hanya dengan hp (handphone), jadi tidak perlu repot keluarkan kartu,” ujar Direktur Utama PT Honest Financial Technologies, Dharu Estiningrum, dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca Juga

Bekerja sama dengan MasterCard, nasabah hanya perlu mengunggah aplikasi Honest, lalu membuat pengajuan kartu kredit. Pengajuan cukup dilakukan lewat aplikasi dengan syarat yang mudah. Hanya menunggu 10 menit, nasabah bisa mengetahui apakah pengajuannya diterima atau tidak.

“Biasanya kalau ngajuin kartu kredit harus isi banyak data, nulis di kertas, terus nunggu acc-nya juga lama. Kalau pakai Honest nggak perlu isi kertas berlembar-lembar, proses pengajuannya juga mudah, cepat, dan simple,” papar Dharu lagi.

Jika pengajuan diterima, nomor kartu kredit hanya tertera di dalam aplikasi serta hanya bisa diakses oleh pemiliknya. Sementara jika ingin bertransaksi, Honest Card dilengkapi dengan kemampuan pembayaran cukup menggunakan ponsel saja, memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC).

Nasabah Honest Card dapat membayar tanpa kartu fisik melalui fitur Tap-to-Pay pertama di Indonesia, fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Honest yang sudah tersedia di Playstore.

Yang menarik juga adalah desain kartu kredit Honest Card yang sangat berbeda, tidak ada nomor kartu yang tercetak sehingga menjadikannya sebagai kartu kredit numberless pertama di Indonesia.

“Kami memilih teknologi berdasarkan pengamatan terhadap kebiasaan konsumen di Indonesia. Sangat lazim kita melihat konsumen memberikan kartu kreditnya saat di tempat makan atau pusat perbelanjaan, hal ini memungkinkan data penting kartu kredit dilihat oleh orang lain,” ucap Dharu.

Honest Card merilis terobosan ini sebagai bentuk perlindungan pada nasabah, terhadap proses transaksi di Indonesia yang kerap kurang aman. Dengan menghilangkan komponen nomor kartu dan data penting lainnya, secara otomatis Honest Card mengintervensi adanya risiko nasabah menyerahkan data ke orang lain.

Dalam aplikasi Honest, terdapat berbagai fitur-fitur keamanan yang dapat melindungi nasabah dengan teknologi, di antaranya adalah akses biometrik. Untuk masuk ke aplikasi Honest, nasabah dapat mendaftarkan akses biometrik sesuai dengan tipe ponselnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement