Senin 12 Jun 2023 10:28 WIB

Baru Terungkap, Konsumsi Alkohol Tingkatkan Risiko Lebih dari 60 Penyakit!

Sebanyak 33 penyakit di antaranya tak disangka terkait dengan konsumsi alkohol.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman beralkohol (ilustrasi). WHO menegaskan, tidak ada batas aman konsumsi minuman beralkohol
Foto: www.freepik.com
Minuman beralkohol (ilustrasi). WHO menegaskan, tidak ada batas aman konsumsi minuman beralkohol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko lebih dari 60 penyakit. Hal ini termasuk sejumlah penyakit yang sebelumnya tidak terkait dengan minuman keras tersebut.

Penyakit tersebut, antara lain asam urat, katarak, patah tulang, hingga tukak lambung. Ahli juga memperingatkan bahwa orang yang kecanduan lebih mungkin menderita sirosis hati, strok, dan beberapa jenis kanker, menurut penelitian yang dilakukan Oxford Population Health, Peking University, dan the Chinese Academy of Medical Sciences.

Baca Juga

Pek Kei Im, peneliti di Oxford Population Health sekaligus penulis utama makalah tersebut, mengatakan konsumsi alkohol berkaitan dengan berbagai penyakit yang jauh lebih luas daripada yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Dan temuan kami menunjukkan hubungan ini mungkin terjadi sebagai sebab-akibat," kata dia, seperti dikutip dari laman The Sun, Ahad (11/6/2023).

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine ini meneliti data 512 ribu orang dewasa Cina. Peserta diwawancarai tentang gaya hidup dan kebiasaan minum mereka. Sekitar sepertiga pria dan dua persen wanita mengaku menikmati minuman keras secara teratur, yang berarti setidaknya sepekan sekali.

Para peneliti mempelajari catatan kesehatan kelompok pria selama sekitar 12 tahun dan melakukan analisis genetik untuk memastikan asupan minuman keras menyebabkan penyakit atau tidak. Di antara 207 penyakit yang diidentifikasi pada pria, tim peneliti menentukan bahwa konsumsi alkohol dikaitkan dengan risiko lebih tinggi dari 61 penyakit.

Ini termasuk 28 penyakit yang sebelumnya ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait alkohol, seperti sirosis hati, strok, dan beberapa kanker gastrointestinal. Tetapi 33 penyakit lebih lanjut yang sebelumnya tidak ditentukan terkait alkohol, seperti asam urat, katarak, beberapa patah tulang, dan tukak lambung, juga ikut ditemukan akibat kebiasaan ini.

Pria yang minum alkohol secara teratur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit apa pun dan lebih sering tinggal di rumah sakit, dibandingkan dengan peminum sesekali, menurut temuan penelitian.

Pola tertentu dalam kebiasaan minum alkohol terbukti berpengaruh pada kesehatan pria. Minum banyak miras setiap hari atau di luar waktu makan, misalnya, meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti sirosis hati.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), sirosis adalah jaringan parut pada hati yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang, yang mencegah hati bekerja dengan baik. Itu dapat menyebabkan gagal hati, dan orang bisa mendapatkan komplikasi serius, yang dapat mengancam jiwa.

Analisis genetik menunjukkan bahwa setiap empat minuman per hari dikaitkan dengan risiko 14 persen lebih tinggi menderita penyakit terkait alkohol, enam persen lebih tinggi risiko penyakit yang sebelumnya tidak diketahui terkait alkohol, dan lebih dari dua kali lipat lebih tinggi risiko sirosis hati serta asam urat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement