Sabtu 10 Jun 2023 23:24 WIB

Tips Menerapkan Metode Pembayaran Cashless

Metoda pembayaran cashless dinilai tidak ribet dan lebih mudah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ilustrasi pembayaran digital.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi pembayaran digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital, kita semakin mudah melakukan pembayaran baik melalui e-wallet, QRIS, dan lainnya. Hal ini tentu saja membuat masyarakat Indonesia optimistis bisa menjadi cashless society.

Salah satu penganut gaya hidup cashless adalah lifestyle influencer Dimas Ramadhan. Dia merupakan salah satu gambaran anak muda Indonesia yang sudah mengadopsi gaya hidup cashless.

Baca Juga

“Saya pribadi menggunakan cashless 99 persen karena tidak ribet dan lebih mudah, dan mempercepat proses pembayaran," ujarnya dalam Virtual-Zoom: Contactless Talk, “Siapkah Kita Meninggalkan Uang Cash?”, Jumat (9/6/2023).

Dimas mengatakan lebih nyaman, apalagi di Indonesia sudah ada e-wallet. Di luar negeri, malah sering banget menggunakan VISA contactless, sehingga dia bisa menerapkan cashless dengan mudah.

"Tidak ada minimum transaksi, bahkan membayar 1 Euro pun bisa. Ini yang menjadi keunggulan contactless, sehingga benar-benar membantu untuk cashless," ujarnya.

Dimas juga berbagi tips menjalankan gaya hidup cashless supaya keuangan tetap terjaga, karena sering kali ada kekhawatiran akan kebablasan saat belanja karena terlalu mudah mengeluarkan uang. “Sebisa mungkin sebelum kita membeli, kita perlu memikirkan apakah ini kebutuhan atau keinginan. Sehingga perlu mementingkan keperluan dan kemampuan," ujar Dimas.

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan pembayaran dengan kartu contactless telah menjadi metode pembayaran yang marak di banyak negara di seluruh dunia. Di lebih dari 20 negara, adopsi pembayaran kartu contactless mencapai lebih dari 90 persen dari semua transaksi tatap muka Visa.

“Yang menarik dari fitur contactless card Visa adalah pembayaran lebih praktis hanya dengan men-tap kartu selama 1 sampai 2 detik saja. Karena menggunakan NFC, jadi tidak tergantung dengan jaringan internet, sehingga bisa lebih cepat dan praktis,” ujar Riko.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement