Jumat 09 Jun 2023 11:06 WIB

4 Rumor yang Terbukti Tepat di Ajang Apple WWDC 2023

Ada beberapa prediksi terbesar untuk ajang Apple WWDC 2023 yang sesuai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Detail yang bocor tentang desain dan kemampuan headset Apple Vision Pro cukup tepat.
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Detail yang bocor tentang desain dan kemampuan headset Apple Vision Pro cukup tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Lantaran terkenal kerap merahasiakan produk terbarunya, rumor seputar peranti baru Apple boleh dibilang sering berembus. Tak heran, jika sering muncul bocoran produk baru yang akan segera diluncurkan Apple.

Meski begitu, sumber yang paling andal pun terkadang salah dengan waktu atau detail produk. Namun, tentu ada saja yang tepat. Dilansir dari Mashable SE Asia, Jumat (9/6/2023), sejauh ini ada beberapa prediksi terbesar untuk ajang Apple WWDC 2023 yang sesuai. Apa sajakah?

Baca Juga

1.Vision Pro

Setelah beberapa tahun menunggu pengumuman headset XR di WWDC, 2023 akhirnya menjadi tahun Apple melakukannya. Selama sekitar satu tahun, kita telah mendengar bocoran mendetail dari pakar Apple Mark Gurman dan Ming-Chi Kuo dan laporan oleh The Information, yang semuanya mengonfirmasi keberadaan Vision Pro yang sangat nyata dan linimasa tentatif. Satu kejutan besar adalah nama headset, yang sebelumnya dikabarkan bernama Reality Pro, bukan Vision Pro.

Para ahli juga mengira harganya akan berkisar antara 2.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 29,7 juta  dan 3.000 dolar AS atau Rp 44,5 juta, tetapi Apple mengejutkan semua orang dengan menetapkan harga sebesar 3.500 dolar AS atau Rp 52,01 juta. Selain itu, detail yang bocor tentang desain dan kemampuan Vision Pro cukup tepat. Beberapa orang beruntung yang telah mengujinya cukup terkesan.

 

 

2. StandBy

Pada akhir Mei, Gurman melaporkan fitur iOS 17 untuk membuat fungsi iPhone seperti tampilan rumah pintar saat diorientasikan secara horizontal. Ini ternyata StandBy.

Fitur baru dibangun di layar kunci Always-On yang diluncurkan dengan iOS 16 tahun lalu, menunjukkan waktu, jadwal, dan pemberitahuan serta widget lainnya pada antarmuka yang dapat diakses dengan cepat. StandBy sekarang tersedia dengan versi beta pengembang.

 

3. Journal

Sesuai prediksi, Journal adalah tempat digital untuk mencatat pemikiran dan memberikan saran untuk entri baru yang menarik data lain dari iPhone Anda seperti foto dan olahraga. Apple tidak membagikan banyak detail di luar fungsi dasar Journal, tetapi dengan akses yang lebih dalam ke data iPhone Anda. Journal dikatakan akan datang “akhir tahun ini”, jadi kita bisa mengharapkan lebih banyak detail yang akan datang.

 

4. Pembaruan pada aplikasi Health

Seperti yang diperkirakan oleh Gurman, aplikasi Health mendapat beberapa pembaruan. Apple akhirnya memberi pengguna aplikasi Health di iPad. Baik iPadOS 17 dan iOS 17 mendapatkan pembaruan aplikasi Health yang melacak suasana hati dan emosi Anda. Fitur aplikasi Health baru tersedia dengan versi beta pengembang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement