Kamis 01 Jun 2023 20:22 WIB

1 dari 6 Orang yang tidak Divaksinasi Masih Sakit Setelah Dua Tahun Kena Covid-19

Tidak semua orang kembali sehat seperti sedia kala setelah kena Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Masalah kesehatan yang terus berlanjut setelah kena Covid-19 jadi tantangan bagi penyintas.
Foto:

Pada enam bulan, 23 persen partisipan melaporkan bahwa mereka belum pulih, berkurang menjadi 19 persen pada 12 bulan, dan 17 persen pada 24 bulan. Proporsi orang yang masih mengalami gejala yang diduga terkait dengan Covid-19 pada tiga titik waktu tersebut serupa tetapi sedikit lebih tinggi, menurun dari 29 persen pada enam bulan, menjadi 20 persen pada 12 bulan, dan menjadi 18 persen pada 24 bulan.

Orang yang melaporkan gejala pada semua tindak lanjut atau melaporkan gejala yang memburuk cenderung lebih tua dan memiliki masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Ini adalah temuan observasional dan para peneliti mengakui beberapa keterbatasan, termasuk bahwa mereka hanya berfokus pada SARS-CoV-2 wild-type pada populasi yang tidak divaksinasi dan mengandalkan kesehatan yang dilaporkan sendiri, yang bisa jadi tidak dapat diandalkan.

"Namun demikian, ini adalah penelitian berbasis populasi yang besar dengan penilaian rutin terhadap berbagai hasil kesehatan, dan temuan-temuannya serupa setelah analisis lebih lanjut, memperkuat kredibilitas perkiraan," kata peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement