REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan pakaian North Face baru saja merilis sebuah iklan baru bertema gay pride dan menampilkan seorang drag queen. Iklan ini memicu amarah banyak pelanggan konservatif North Face.
Iklan terbaru dari North Face ini dibuat untuk mempromosikan tur Summer of Pride yang mereka buat. Selain itu, iklan ini juga bertujuan untuk mempromosikan koleksi terbaru dari North Face.
Iklan ini dibuka oleh seorang drag queen bernama Pattie Gonia memperkenalkan diri sebagai seorang homoseksual yang nyata. Gonia yang menggunakan pakaian berwarna pelangi tersebut mengajak para pelanggan untuk berpartisipasi dalam tur Summer of Pride.
"Kami di sini ingin mengundang Anda untuk come out di alam terbuka bersama kami," ujar Gonia, seperti dilansir Mail Online.
Istilah "come out" yang diucapkan oleh Gonia secara harfiah memiliki makna keluar. Namun, di tengah komunitas LGBTQ, come out juga memiliki makna berbeda yaitu melela atau mengungkapkan orientasi seksual secara terbuka.
Selain tur Summer of Pride, North Face juga memperkenalkan koleksi Outside Together mereka yang dirilis pada 2023. Koleksi ini menghadirkan sejumlah kaus dan hoodie berwarna pelangi, baik untuk dewasa maupun anak remaja. Warna pelangi dikenal sebagai simbol untuk LGBTQ.
Setelah menuai sejumlah kritik, North Face tampak telah menghapus pakaian anak bertema LGBT dari laman resmi mereka. Akan tetapi, pakaian anak bertema pelangi mereka masih dijajakan oleh retailer Dick's Sporting Goods secara daring.
Banyak pelanggan North Face yang mengungkapkan rasa kecewa mereka melalui media sosial. Bahkan hingga saat ini, North Face menonaktifkan kolom komentar pada unggahan iklan tur Summer of Pride yang menampilkan Gonia.
"Sepertinya saya tak akan membeli produk NorthFace lagi," tulis seorang warganet.