Senin 29 May 2023 14:27 WIB

Intip Lima Body Mist Halal, Ada yang Non-Alkohol

Body mist memiliki aroma lebih menyegarkan karena disemprotkan langsung ke tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sebagian orang lebih menyukai menggunakan body mist daripada parfum/Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Sebagian orang lebih menyukai menggunakan body mist daripada parfum/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian orang lebih menyukai menggunakan body mist daripada parfum. Selain harganya yang cenderung lebih murah, body mist juga memiliki aroma yang lebih menyegarkan karena disemprotkan langsung ke tubuh yang diinginkan.

Body mist juga mengandung bahan pelarut seperti etanol atau alkohol, dan ini diperbolehkan. Mengutip laman Halal MUI, Laboratory Service Manager of LPPOM MUI, Heryani, menerangkan bahwa bahan pelarut yang digunakan untuk parfum adalah etanol.

Baca Juga

Selama bukan dari industri khamr, penggunaan alkohol atau etanol (industri bahan kimia) diperkenankan atau boleh digunakan untuk pemakaian luar, tak terkecuali saat shalat. “Jadi, adanya etanol pada produk parfum ini tidak masalah. Alkohol atau etanol yang digunakan untuk parfum tidak sama dengan khamr yang memabukkan,” kata Heryani.

Berikut ini merupakan lima body mist yang sudah mengantongi sertifikat halal:

 

1. Wardah

Jenama Wardah sudah dikenal dengan produk-produknya yang telah mengantongi sertifikat halal. Termasuk seri body mist-nya yang terdiri dari lima varian, Bliss, Joyfull, Passion, Peaceful, dan Purity.

Seri body mist dari Wardah ini aman diaplikasikan ke kulit karena bebas alkohol, aromanya natural, tahan lama hingga lima jam, tidak menimbulkan noda pada tubuh maupun baju, serta kemasan yang seri 100 ml mudah dibawa kemana-mana, cukup merogoh kocek sekitar Rp 35 ribu.

 

2. Verbena

Dalam foto yang ditampilkan dalam situs jual beli daring, jenama Verbena sudah jelas mencantumkan bahwa body mist produksinya dipastikan halal. Meski mengandung alkohol dalam bahannya, tetapi sudah sesuai ketentuan Halal MUI.

Dibanderol dengan harga Rp 35 ribu untuk 100 ml, wangi body mist Verbena tahan satu hingga tiga jam dan memiliki beberapa aroma yang dapat dipilih sesuai wangi favorit. Verbena dapat disemprotkan sesudah mandi dan cocok untuk kulit kering.

 

3. Kala

Baik body mist maupun parfumnya, jenama ini tidak menggunakan alkohol dan sudah mengantongi sertifikat halal. Terdiri dari delapan varian aroma dengan 60 ml, Kala dibanderol dengan harga sekitar Rp 15 ribu.

Delapan varian aromanya juga cukup unik, seperti O! Butterscotch, Cinema Popcorn, Chocolava, Macaron Vanilla, Marshmallow Milky, Berry Jam, Cotton Candy, dan Cutie Baby. Aroma Cutie Baby ini dibuat bagi mereka yang menyukai aroma bayi.

 

4. Bali Ratih

Karena berasal dari bahan herbal atau tumbuh-tumbuhan, body mist Bali Ratih dipastikan halal, serta hanya berbahan dasar air dan essential oil. Body mist jenama ini memeliki 14 varian aroma yang tidak terlalu menyengat. Dengan isi 60 ml, ini dibanderol dengan harga Rp 35 ribu.

 

5. The Body Shop

Juga berbahan dari tumbuh-tumbuhan dan menggunakan alkohol yang bukan dari industri khamr, jenama yang populer ini juga termasuk halal digunakan. Body mist-nya dibanderol dengan harga Rp 199 ribu untuk 100 ml.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement