Kamis 25 May 2023 18:06 WIB

Berkenalan dengan Alien, Buku Terbaru Karya Lee Chanhyuk

Alien berkisah tentang seorang anak yang berbeda dari anak-anak lain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Buku Alien karya penulis Korea Selatan, Lee Chanhyuk
Foto: Gramedia
Buku Alien karya penulis Korea Selatan, Lee Chanhyuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ibuku bilang, aku ini alien. Aku dikirim ke Bumi karena kekuatan superku terlalu besar untuk planet asalku. Di sinilah, seluruh kekuatan superku akan digunakan untuk menyelamatkan Bumi!

Demikian sinopsis buku cerita bergambar berjudul Alien, yang terbit di Korea Selatan sejak 2022. Karya tersebut dalam Bahasa Indonesia kini telah dirilis secara resmi oleh Gramedia Pustaka Utama di Indonesia sejak akhir Maret 2023.

Baca Juga

Dikutip dari pernyataan resmi penerbit, Alien berkisah tentang seorang anak yang berbeda dari anak-anak lain. Untuk menyemangati si anak, sang ibu mengatakan pada anaknya bahwa perbedaan yang ia miliki justru merupakan kekuatan supernya.

Jika dirangkum, Alien bercerita tentang anak istimewa yang tidak pernah kehilangan cahayanya. Buku ini layaknya mercusuar bagi semua anak untuk menjadi diri sendiri, mengarungi lautan, dan terus melaju dengan penuh percaya diri.

Selain cerita tentang anak istimewa, penulis buku ini pun sangat spesial. Dia adalah penyanyi Korea Selatan Lee Chanhyuk, yang tergabung dalam grup vokal Korea Akdong Musician alias AKMU.

Lee Chanhyuk tidak cuma seorang penyanyi, tetapi juga produser dan penulis lagu. Laki-laki kelahiran 12 September 1996 itu dikenal sebagai pribadi genius dengan kemampuan luar biasa dalam menulis lirik.

Sekarang, Lee Chanhyuk tak cuma menyihir para penggemarnya lewat lagu-lagu kreasinya, namun juga lewat buku. Pria yang diketahui memiliki kepribadian nyentrik itu menulis cerita di dalam buku Alien berdasarkan lagu berjudul sama yang liriknya dia garap. Lagu itu kemudian dinyanyikan secara solo oleh saudara perempuannya, Lee Suhyun, pada 2020.

Cerita di dalam buku Alien ingin mendorong anak-anak untuk berani menjadi berbeda dan menjadikan perbedaan tersebut menjadi kekuatan alih-alih ketakutan. Ini sangat pas di tengah situasi dan kondisi era modern yang membuat seseorang sering kali merasa takut ketinggalan alias FOMO.

Buku Alien dapat menjadi pengingat bahwa setiap orang pada dasarnya terlahir berbeda. Menjalani hidup dengan menjadi diri sendiri, terlepas dari pendapat atau preferensi orang lain, rasanya membebaskan dan membuat kita bisa melakukan banyak hal.

Tema ini membuat Alien juga dapat dinikmati pembaca dewasa meski berformat buku cerita bergambar. Ilustrasi di buku Alien dibuat dengan sangat indah oleh ilustrator Lee Yoonwoo, peraih Korean Andersen Award 2011 dan Bologna Illustrator of the Year 2015.

Alien bukanlah buku pertama karya Chanhyuk. Sebelumnya, dia sudah menerbitkan novel debut berjudul Fish in the Water, yang masuk dalam daftar novel terlaris selama hampir sebulan setelah perilisannya. Karya itu juga disebut sebagai literatur yang membangkitkan pasar novel di Korea Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement