Rabu 24 May 2023 00:47 WIB

Lansia Sebaiknya Tetap Vaksinasi Meningitis Sebelum Umroh, Ini Alasannya

Jamaah umron yang tak punya komorbid dapat melewatkan vaksinasi meningitis.

Petugas menyuntikkan vaksin meningitis kepada warga yang akan menunaikan ibadah haji di RSUD Kota Serang, Banten, Selasa (16/5/2023). Ketentuan vaksin untuk jemaah umroh berbeda dengan calon haji yang diwajibkan mendapatkan vaksin meningitis.
Foto:

Dalam kesempatan yang sama, dr Suzy Maria, SpPd-KAI dari Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia mengatakan vaksinasi meningitis untuk jemaah calon umroh memang tidak lagi menjadi kewajiban. Namun, vaksinasi meningitis tetap dianjurkan, terutama bagi mereka dengan faktor risiko terkena penyakit menjadi lebih berat.

Menurut Kementerian Kesehatan, meningitis merupakan suatu penyakit yang terjadi karena peradangan atau infeksi pada sistem selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang akibat infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit. Penyakit itu terkadang sulit dikenali karena memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Gejala yang paling umum pada pasien dengan meningitis adalah leher kaku, demam tinggi, sensitif terhadap cahaya, kebingungan, sakit kepala, mengantuk, kejang, mual, dan muntah. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit meningitis adalah lingkungan dengan kebersihan yang buruk dan padat serta terjadi kontak atau hidup serumah dengan pasien infeksi saluran pernafasan, risiko penularan penyakit akan meningkat pada lingkungan yang padat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement