Selasa 23 May 2023 21:19 WIB

Mau Wisata Kuliner ke India atau Vietnam? Dapatkan Vaksin Tifoid Dua Pekan Sebelumnya

Orang yang hendak bepergian sebaiknya mendapatkan vaksinasi dua pekan sebelumnya.

Penjual pav bhaji berdagang di kedai tepi jalan di Mumbai, India, 2 February 2013. India terkenal dengan makanan jajanannya yang digemari pelancong dan warga dari berbagai kelas masyarakat karena rasa dan harganya yang terjangkau.
Foto:

Dulu, mereka yang baru mendapatkan vaksin meningitis pada hari keberangkatan biasanya diberikan antibiotik supaya tidak terkena meningitis sampai vaksin bekerja. Tetapi, akhir-akhir ini, profilaksis tidak dianjurkan lagi karena munculnya resistensi terhadap antibiotik.

Belum lagi, tidak ada jaminan keamanan pada mereka yang minum antibiotik akan dapat terhindar dari meningitis. Kemudian, setiap jenis vaksin memiliki jangka waktu yang berbeda-beda dalam memberikan perlindungan sehingga penting bagi masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jadwal vaksinasi yang tepat.

Selain itu, beberapa negara mensyaratkan sertifikat vaksinasi tertentu sebagai persyaratan masuk. Oleh karena itu, sebaiknya orang-orang memeriksa persyaratan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan internasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement