Sabtu 20 May 2023 11:35 WIB

Titik Kritis Kehalalan Latiao, Makanan Ringan Populer Cina

Latiao merupakan camilan stik pedas dan gurih dari Provinsi Henan, Cina.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Latiao, camilan asli Provinsi Henan, Cina.
Foto:

Pertimbangan terakhir, penyedap rasa. Biasanya, penyedap rasa yang digunakan ialah monosodium glutamat (MSG), sodium inosinate, dan guanylate.

Penyedap rasa tersebut merupakan produk mikrobial hasil fermentasi. Ini harus dipastikan media pertumbuhan bakteri terbebas dari bahan najis.

Di sisi lain, dilansir Nikkei Asia, popularitas latiao bertentangan dengan langkah Beijing untuk menetapkan standar keamanan nasional untuk makanan dan produksi industri, yang sering kali bertentangan dengan peraturan setempat. Pada Agustus 2019, Komisi Kesehatan Provinsi Henan mengumumkan bahwa standar keamanan lokal untuk "produk makanan tepung beraroma", yaitu latiao, akan dihapuskan mulai 1 Oktober 2019, dan mereka akan menunggu perkembangan standar nasional.

Latiao memicu kontroversi nasional setelah otoritas keamanan pangan Provinsi Shanxi pada Mei 2018 menyatakan bahwa latiao merek Wei Long yang populer tidak memenuhi standar keamanan. Hal ini diikuti oleh pemeriksaan merek di bagian lain negara itu, termasuk Provinsi Guizhou dan Zhejiang. Setelah gagal lagi, pemerintah Provinsi Hubei menangguhkan penjualan produk di provinsi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement