Selasa 16 May 2023 10:14 WIB

Berangkat Haji/Umroh, Perlukah Beli SIM Card Operator Seluler Lokal di Tanah Suci?

Operator seluler Tanah Air juga menyediakan paket haji/umroh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Untuk kelancaran komunikasi selama di Tanah Suci, jamaah direkomendasikan membeli paket haji/umroh dari operator seluler di Tanah Air.
Foto:

Sekarang jamaah bisa berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp, baik pesan teks, panggilan suara, maupun video call. Bahkan, jika tidak ada kuota pun, sudah tersedia jaringan wifi di hotel.

"Sudah lebih enak, bicara kemudahan, di sana juga sudah memfasilitasi. Saran saya tetap pakai provider lokal untuk jamaah sepuh, kalau ganti SIM card jadi repot," kata Hasan.

Jika memilih kuota haji dan umroh, satu hari sebelum berangkat ibadah, aktifkan paket international roaming. Dengan begitu, ketika sampai di Makkah, jamaah sudah bisa langsung mengirim pesan ke keluarga dari bandara.

Sementara itu, jika mengganti kartu, jamaah harus mengeluarkan SIM card yang dipakai selama ini terlebih dahulu. Selama sekian jam , jamaah tidak bisa memakai ponsel jika belum ada kartu baru.

"Di era sekarang, sarana komunikasi sudah terbuka, jadi gunakan fasilitas itu agar komunikasi tetap terjalin dengan keluarga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement