Jumat 12 May 2023 21:56 WIB

Tak Perlu Disetrika, Begini Cara Bikin Pakaian Bebas Kusut Setelah Dicuci

Penggemar Mrs Hinch berbagi trik membuat pakaian bebas kusut tanpa disetrika.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Jasa setrika pakaian keliling. Penggemar Mrs Hinch di Facebook membagikan trik membuat pakaian bebas kusut tanpa disetrika.
Foto: Antara/Risky Andrianto
Jasa setrika pakaian keliling. Penggemar Mrs Hinch di Facebook membagikan trik membuat pakaian bebas kusut tanpa disetrika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyetrika adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling membosankan. Beberapa pakaian ada yang membutuhkan waktu lebih lama untuk disetrika dibanding pakaian lainnya.

Untuk menghilangkan kebutuhan akan setrika dan papan setrika, penggemar Mrs Hinch telah membagikan metode yang mereka klaim sebagai "pendobrak". Semua hack ini memerlukan beberapa es batu dan mesin pengering.

Baca Juga

Mengutip dari halaman Facebook Mrs Hinch Cleaning Tips, Sarah Cole mengakui dirinya sangat benci menyetrika kemeja. "Bagaimana kalian bisa menghindarinya?" kata Sarah.

Banyak pakaian bisa dipakai keluar rumah tanpa disetrika seperti jogger, jumper, dan cardigan. Sementara itu, pakaian lainnya perlu disetrika agar rapi saat dikenakan.

Unggahan tersebut menerima lebih dari 300 komentar dengan mayoritas menyarankan agar Sarah menggunakan mesin pengering dan menambahkan es batu ke dalamnya. Mayoritas anggota grup dalam komentar mengaku tidak lagi menggunakan setrika mereka setelah menguji hack ini sendiri.

"Keringkan pakaian dengan segenggam es batu, lalu tutup. Saya sudah tidak lagi menyetrika selama lebih dari empat tahun," ujar Sammie Morris di kolom komentar.

"Saya mengeluarkan pakaian saya dari mesin cuci dan segera mengeringkannya dengan es. Sebagian besar pakaian tidak perlu disetrika," kata Jean Holt membagikan pengalaman serupa.

"Setelah dibilas, masukkan pakaian ke dalam pengering selama lima menit dengan beberapa es batu, dan langsung gantung. Ini baru pendobrak mutlak. Bebas kusut dalam waktu singkat," ucap Donna Campbell.

"Tambahkan beberapa es batu pada pakaian di mesin pengering, lalu keluarkan saat cuaca panas dan gantung," kata Jenny Knight.

Ide di balik penggunaan es batu di mesin pengering adalah saat es mencair, uap yang dihasilkan dapat menghilangkan kerutan pada pakaian. Namun, triknya adalah jangan membuat pengering terlalu penuh.

Sebagai gantinya, masukkan saja beberapa helai pakaian. Trik itu akan bekerja paling baik bila ada ruang ekstra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement