Jumat 12 May 2023 02:35 WIB

Alami Reaksi Terhadap Antibiotik, Lidah Seorang Wanita Menjadi Hitam dan Berbulu

Kasus black hairy tongue ini dilaporkan di British Medical Journal Case Reports.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Reiny Dwinanda
Lidah seorang perempuan di Inggris menjadi hitam dan ditumbuhi rambut setelah mengalami efek samping antibiotik. Kondisi ini disebut juga black hairy tongue.
Foto:

Selain karena efek samping antibiotik, lidah berbulu sering kali berasal dari kebersihan mulut yang buruk. Biasanya ini dapat dihindari dengan menyikat bagian atas lidah dengan sikat gigi atau sikat lidah.

Menurut WebMD, penyebab lainnya meliputi merokok tembakau, banyak minum kopi atau teh, menggunakan antibiotik (yang dapat mengganggu keseimbangan normal bakteri di mulut), sedang mengalami dehidrasi, atau minum obat yang mengandung bahan kimia bismut (seperti Pepto-Bismol). Orang juga bisa mengalaminya akibat tidak menghasilkan cukup air liur, rutin menggunakan obat kumur yang mengandung peroksida, witch hazel, atau mentol, dan mendapatkan terapi radiasi ke kepala dan leher.

Penyebab lain lidah berbulu dapat berkembang pada orang yang tidak memiliki gigi. Karena diet makanan lunak mereka tidak membantu pengelupasan papila secara normal. Jika Anda menderita lidah berbulu yang terus-menerus, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement