Jumat 12 May 2023 09:23 WIB

6 Cara Bisnis Halal Menggunakan ChatGPT

ChatGPT dapat diakses dengan mudah dan hemat biaya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk berbisnis secara halal/ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk berbisnis secara halal/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Teknologi ChatGPT dapat membantu pengusaha kecil agar bisa setara dengan pengusaha besar. ChatGPT dapat diakses dengan mudah dan hemat biaya, khususnya untuk pebisnis halal yang masih kecil dan menengah.

ChatGPT adalah solusi AI inovatif yang diluncurkan oleh OpenAI pada 2022, dan dapat digunakan untuk menghemat waktu dengan mengotomatiskan tugas berulang dan menjawab pertanyaan umum.

Baca Juga

Ini memungkinkan pebisnis halal untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas bisnis, tanpa memerlukan pengeluaran modal yang besar atau peningkatan biaya overhead. ChatGPT tidak hanya terdepan tetapi juga sangat mudah diakses, dan sesuai untuk bisnis halal di seluruh spektrum ukuran dan sektor.

Dilansir dari Halal Times, Jumat (12/5/2023), di bawah ini adalah enam metode di mana pebisnis halal dapat memanfaatkan potensi ChatGPT untuk menghasilkan penghematan waktu dan biaya:

1. Membuat konten

Mayoritas profesional pemasaran setuju bahwa konten yang menarik, menjadi salah satu strategi paling efektif untuk menumbuhkan pengikut dan menarik pelanggan.

ChatGPT dapat secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan pebisnis halal untuk menghasilkan konten yang diperlukan, termasuk artikel, unggahan blog, skrip video, dan update media sosial.

Penting untuk dicatat bahwa ChatGPT mengandalkan internet untuk mendapatkan informasi. Akibatnya, ada risiko mengunggah konten yang terlalu mirip dengan situs web lain, yang dapat berdampak negatif pada peringkat mesin telusur.

Namun demikian, ChatGPT dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk melakukan brainstorming ide dan menyusun draf awal. Selain menghemat waktu, penggunaan ChatGPT juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan tanggapan yang cepat dan akurat.

 

2. Menarik engagement

Salah satu keuntungan utama yang dimiliki perusahaan halal, adalah kemampuan mereka untuk memberikan layanan pelanggan yang dipersonalisasi dan unggul. Pebisnis halal dapat beralih ke AI untuk memikul sebagian besar beban menanggapi pertanyaan pelanggan.

ChatGPT secara eksplisit direkayasa untuk memberikan tanggapan yang meniru interaksi manusia percakapan dan alami. Pebisnis halal dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membuat chatbot yang beroperasi sepanjang waktu.

ChatGPT bisa berpartisipasi dalam dialog media sosial dengan pelanggan, menghasilkan arahan, menanggapi email yang berisi pertanyaan umum, atau merekomendasikan produk dan layanan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan pelanggan.

 

3. Penerjemah bahasa

Tiga dekade lalu, sebagian besar pebisnis halal terbatas untuk beroperasi di beberapa wilayah. Ini dikarenakan kurangnya sumber daya dan persaingan dengan perusahaan besar, sehingga membuat mereka tidak dapat memperluas bisnis ke pasar internasional.

Saat ini, internet telah menghubungkan seluruh dunia. Tantangannya sekarang terletak pada mengatasi hambatan bahasa yang mungkin dihadapi usaha kecil di sepanjang perjalanan mereka.

Meskipun banyak alat terjemahan dapat diakses secara online, banyak terjemahan yang sulit untuk dipahami. ChatGPT dapat menghasilkan terjemahan yang mahir, bahkan menyesuaikannya dengan gaya tertentu (formal bisnis, bahasa sehari-hari, dialek lokal, dan lainnya).

 

4. Pitching dengan klien dan investor

Pebisnis halal harus menginvestasikan banyak waktu dan upaya untuk meyakinkan orang lain tentang manfaat perusahaan mereka. Mengamankan klien sangat penting untuk membangun pendapatan dan keuntungan penjualan, untuk memastikan kelangsungan bisnis.

Pengusaha dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membuat presentasi dan materi pemasaran untuk membantu mempromosikan bisnis mereka. Ini mungkin mencakup buku putih, rencana bisnis, presentasi PowerPoint, dan bahkan elevator pitches.

 

5. Dukungan teknis berbiaya rendah

Pebisnis halal sering mengambil peran berlipat ganda, mewujudkan tenaga penjualan, perancang produk, akuntan, pakar web, manajer media sosial, dan departemen pengiriman dan penerimaan.

Ketika teknologi terputus-putus, pemilik bisnis biasanya bertanggung jawab untuk memecahkan dan memperbaiki masalah, mengingat tidak adanya anggaran yang cukup besar atau tim IT khusus.

ChatGPT dapat berfungsi sebagai chatbot dukungan teknis pribadi pengusaha, memungkinkan mereka menyelesaikan tantangan dengan lebih cepat dan ekonomis.

 

6. Menganalisis feedback pelanggan

Mayoritas bisnis Halal terus menyempurnakan dan menyesuaikan produk, layanan, dan proses. Feedback pelanggan memainkan peran penting dalam membedakan kemanjuran elemen-elemen ini dari perspektif pengguna akhir.

Pengusaha dapat menggunakan ChatGPT untuk menganalisis feedback atau umpan balik pelanggan dengan cepat dan mahir dari berbagai sumber, mengidentifikasi tema yang paling umum untuk diprioritaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement