Kamis 11 May 2023 14:54 WIB

Tips Agar tak Dikejar Anjing: Jangan Lari, Justru akan Dikejar

Berlari dari anjing liar dapat memicu anggapan bahwa Anda adalah mangsanya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Anjing liar berkeliaran (ilustrasi). Jika Anda merasa tidak nyaman di sekitar anjing liar, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan agar tetap aman.
Foto: Antara/Adhi Wicaksono
Anjing liar berkeliaran (ilustrasi). Jika Anda merasa tidak nyaman di sekitar anjing liar, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan agar tetap aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anjing kerap dianggap sebagai sahabat manusia. Dalam keadaan normal, anjing tidak akan menyerang manusia. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, ada kondisi di mana anjing liar menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

Tidak semua anjing liar bersikap agresif, namun trauma atau rasa takut dapat memicu anjing menyerang manusia. Karena itu, sangat penting untuk memahami cara mencegah terjadinya serangan anjing atau memberi tahu anak-anak mengenai hal itu.

Baca Juga

Kepala petugas hewan dari Supertails.com, Shantanu Kalambi, berpendapat bahwa pada umumnya anjing liar bersikap ramah dan tidak menimbulkan ancaman bagi manusia. Namun, anjing dapat menyerang manusia, sebagai akibat dari pengalaman negatif sebelumnya.

"Guna mencegah kejadian seperti itu, penting untuk memperlakukan anjing di komunitas Anda dengan baik dan penuh kepedulian," kata Kalambi, dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis (11/5/2023). Meskipun demikian, jika Anda merasa tidak nyaman di sekitar anjing liar, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan agar tetap aman. Berikut penjelasannya:

1. Hindari kontak mata langsung

Jika bertemu anjing liar, hindari kontak mata langsung dengan mereka karena tatapan itu dapat dianggap sebagai ancaman. Sebaliknya, tetaplah tenang dan usahakan menjaga postur tubuh yang netral.

2. Jaga jarak

Jaga jarak aman dari anjing liar, terutama jika hewan itu terlihat ketakutan, agresif, atau protektif. Jika perlu berjalan melewati anjing liar, cobalah membuat jeda lebar dan cari semacam penghalang antara Anda dan anjing.

3. Jangan lari

Berlari dari anjing liar dapat memicu anggapan bahwa Anda adalah mangsanya, dan membuat anjing mengejar Anda. Jika takut, cobalah untuk menjauh dengan perlahan dan tenang sambil tetap memperhatikan anjing tersebut.

4. Gunakan penghalang-pelindung

Cari benda sederhana seperti tongkat atau payung, dan gunakan itu sebagai penghalang-pelindung antara Anda dengan anjing. Itu dapat membantu menjauhkan anjing saat Anda ingin lewat dengan aman.

5. Laporkan anjing liar

Jika melihat anjing liar di lingkungan Anda, laporkan ke pengawas hewan setempat atau organisasi kesejahteraan hewan terdekat. Mereka dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menangkap dan memindahkan anjing, sehingga mengurangi risiko serangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement