Rabu 10 May 2023 21:16 WIB

Resep Soto Betawi Autentik, Simpel untuk Dicoba di Rumah

Soto betawi termasuk simpel untuk disiapkan di rumah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Soto Betawi di Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta. Sous chef  Sugeng Hariyadi dari Aryaduta Suites Semanggi berbagi resep soto Betawi saat peluncuran program Sap7a Rasa di, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).
Foto:

Ketiga, tumis lagi bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Tambahkan sereh, daun jeruk, jahe, lengkuas, kayu manis, bunga lawang, kapulaga, dan cengkih. Tumis sampai harum kemudian masukkan daging dalam panci.

Keempat, masukkan 500 ml air untuk 0,5 kg daging. Tambahkan 250 ml susu (opsional) agar lebih creamy dan 200 ml santan kental.

Setelah mendidih, masukkan bumbu seperti gula, garam, lada, penyedap rasa. Takaran tiap bumbu setengah sendok teh atau sesuai selera masing-masing.

Kelima, untuk daging yang sudah dimasukkan, Anda bisa meniriskan untuk digoreng agar lebih crunchy. Untuk pelengkap, Anda bisa menambahkan potongan daun bawang, kentang goreng, tomat, dan emping.

"Yang paling penting itu kelengkapan bumbunya, karena memengaruhi rasa, kalau santan bisa diganti susu," kata chef Sugeng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement