Rabu 10 May 2023 09:56 WIB

Ini Dia Produk yang Laris Manis Dibeli Saat Ramadhan-Lebaran 2023

Perlengkapan rumah tangga hingga fashion menjadi produk yang paling dicari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY.
Foto: Tokopedia
Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi para pelaku usaha, momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 tak bisa dilewatkan begitu saja untuk meraup keuntungan tinggi. Terlebih pada momen itu, daya beli masyarakat cenderung meningkat.

Menurut data dari Tokopedia periode 23 Maret- 22 April 2023, ada beberapa kategori yang paling laris dibeli selama Ramadhan hingga Lebaran.

Baca Juga

“Perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, serta fashion menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023. Temuan ini sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Selasa (9/5/2023).

Pada layanan Tokopedia NOW!, beras, mie instan, dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris. Layanan ini mempermudah masyarakat untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa dalam waktu maksimal dua jam setelah pembayaran dan bebas ongkir.

Sementara itu, di kategori Fesyen, data menunjukkan kaos, sepatu, dan kerudung menjadi produk yang paling banyak dibeli. “Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal daring untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” ujar dia.

Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY. “Jam ngabuburit merupakan waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan Tokopedia PLAY,” ucapnya.

Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen Muslim untuk perempuan maupun laki-laki. Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

“Ramadhan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan. Kami bisa meraup omzet ratusan juta setiap Ramadhan lewat Tokopedia. Selain itu, berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style tahun ini, penjualan kami naik lebih dari lima kali lipat dibandingkan bulan biasanya,” kata pemilik usaha Universa Sajadah, Renato Akbar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement