Selasa 09 May 2023 03:49 WIB

Berminat Kerja di Turki? Cek Bursa Kerja Ini

Banyak perusahaan global dan mencari talenta dari seluruh penjuru dunia.

Ribuan pelamar kerja mengantre untuk dapat masuk ke dalam lokasi bursa kerja. Saat ini sejumlah perusahaan asal Turki mencari talenta muda Indonesia lewat gelaran bursa kerja TalentforBIZ yang digelar di Jakarta/ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Ribuan pelamar kerja mengantre untuk dapat masuk ke dalam lokasi bursa kerja. Saat ini sejumlah perusahaan asal Turki mencari talenta muda Indonesia lewat gelaran bursa kerja TalentforBIZ yang digelar di Jakarta/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sejumlah perusahaan asal Turki mencari talenta muda Indonesia lewat gelaran bursa kerja TalentforBIZ yang digelar di Jakarta, Senin.

TalentforBIZ untuk pertama kalinya digelar di Indonesia atas kolaborasi pemerintah Turki dan Sekretariat Jenderal ASEAN, untuk menjaring talenta muda Indonesia yang ingin bergabung dan mencari peluang baru dengan perusahaan-perusahaan Turki.

Baca Juga

''Penting baik bagi Turki dan Indonesia untuk meningkatkan keterikatan, dari sisi pendidikan, bisnis dan perdagangan. TalentforBIZ adalah peluang yang bagus untuk saling mengenal, juga agar anak muda Indonesia bisa bertemu dengan perusahaan-perusahaan Turki,'' kata Duta Besar Turki untuk Indonesia Talip Kkcan di Jakarta, Senin.

Menurut Dubes Talip, di era global saat ini, banyak perusahaan yang sudah mengglobal dan mencari talenta dari seluruh penjuru dunia. Hal itu pun dilakukan oleh banyak perusahaan Turki.

''Di acara ini, ada banyak jenis perusahaan, mulai dari teknologi, telekomunikasi dan lainnya. Ada banyak jenis area pekerjaan yang bisa membuka peluang baru bagi anak muda Indonesia,'' katanya.

Dubes Talip juga menilai acara bursa karir yang dihadiri 12 perusahaan besar Turki itu bisa meningkatkan hubungan kerja sama antara Turki dan Indonesia. ''Jakarta adalah hub untuk anak muda, orang-orang terpelajar. Begitu pula Indonesia, merupakan salah satu negara terbesar di dunia dalam hal populasi. Juga negara muslim terbesar. Ini akan memperkuat hubungan antara kedua negara,'' tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of the Human Resouces Office of the Presidency of the Republic of Trkiye Salim Atay menjelaskan TalentforBIZ digelar sejak 2019 di empat negara yaitu Uzbekistan, Inggris, Afrika Selatan, dan Jerman.

Selanjutnya pada 2020, kegiatan tersebut digelar di Uzbekistan, Pakistan, dan Kazakhstan karena pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dimulai kembali setelah Covid-19 di Belanda, Inggris, Jerman, Uzbekistan, dan Malaysia pada 2022 dan seri serupa baru kembali digelar di Jakarta, Indonesia Mei 2023.

''Indonesia punya potensi yang sangat besar. SDM Indonesia ramah dan sangat produktif. Kami yakin akan dapat koneksi yang baik dan potensi ini harus dikembangkan,'' kata Salim.

Sejumlah perusahaan yang turut serta dalam kegiatan bursa kerja antara lain perusahaan pertahanan Turkish Aerospace, Havelsan dan Aselsan. Ada pula maskapai Turkish Airlines, perusahaan bidang teknologi dan telekomunikasi TurkTelekom dan Turkcell hingga perusahaan furnitur ilek.

Salah satu pengunjung, Belva (20 tahun), mahasiswa jurusan Sastra Arab Universitas Indonesia mengatakan kedatangannya ke acara TalentforBIZ dilakukan untuk mencari peluang magang dengan perusahaan Turki. ''Saya ingin memperluas peluang internship dan magang juga ke perusahaan Turki yang saat ini sedang banyak membuka peluang karier. Apalagi sekarang sudah semester 4 dan tahun depan sudah bisa mulai magang,'' katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement