Ahad 07 May 2023 15:30 WIB

Mendadak Nge-Blank Saat Hadapi Soal UTBK-SNBT? Lakukan Ini

Jangan belajar dengan sistem kebut semalam jelang UTBK-SNBT.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Dr Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (13/4/2021). Jangan belajar dengan sistem kebut semalam (SKS) sehari menjelang UTBK. Itu hanya akan membuat stres dan tegang atau panik saat nantinya mengerjakan soal.
Foto:

Dalam pandangan Didin, ketenangan untuk menghadapi momen khusus seperti ujian tidak bisa datang secara instan, melainkan perlu dibangun. Itu sebabnya tes uji coba seperti try out merupakan fase penting untuk latihan menghadapi ujian sebenarnya.

Didin punya kiat yang dia bagikan apabila siswa mendadak terganggu konsentrasinya saat ujian. "Saya selalu minta ke siswa, ketika nge-blank, pejamkan mata dan istighfar selama satu atau dua menit. Ketika sudah tenang, baru kerjakan lagi, karena percuma kalau terus memaksakan bisa panik dan semakin blank," ungkap Didin yang sudah menjadi tutor siswa sejak 1999.

Kiat lain dari Didin adalah menenangkan diri dan pasrah, namun tetap berikhtiar semaksimal mungkin. Bagi Muslim, ketenangan menjelang ujian bisa menjalankan ibadah seperti sholat, mengaji, juga berinfaq dan bersedekah.

"Benar-benar minta doa restu terbaik dari orang tua, keluarga, dan guru. Minta didoakan yang sederhana, minta ketenangan. Insya Allah dimampukan," tutur Didin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement