Rabu 03 May 2023 14:53 WIB

Masuknya Varian Baru Covid-19, Perlu Edukasi Pencegahan Infeksi Virus

Masyarakat juga diminta segera lakukan testing jika mengalami gejala Covid 19.

Dengan masuknya varian Arcturus ke Indonesia, masyarakat perlu mewaspadainya karena varian tersebut memiliki tingkat penularan tercepat dibandingkan varian lain./ilustrasi
Foto: dok IRRA
Dengan masuknya varian Arcturus ke Indonesia, masyarakat perlu mewaspadainya karena varian tersebut memiliki tingkat penularan tercepat dibandingkan varian lain./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan masyarakat Indonesia, agar waspada karena telah menemukan sejumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Arcturus pada pertengahan April. Untuk itu melalui laman Kemenkes RI, masyarakat diminta tetap terapkan protokol kesehatan, terutama tetap menggunakan masker.

Selain itu masyarakat juga diminta segera lakukan testing jika mengalami gejala yang mengarah ke Covid-19, dan segera meningkatkan perlindungan diri dengan melakukan vaksinasi booster. Masyarakat khususnya kelompok para lansia (lanjut usia) dan kelompok komorbid yang tidak terkontrol juga diminta untuk berhati-hati.

Baca Juga

Pemerintah Indonesia sudah menghapuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga banyak pelonggaran sejumlah aktivitas di tempat umum, seperti kegiatan mudik sejak tahun yang lalu sudah mulai diadakan kembali. Tahun ini aktivitas tersebut juga didukung pemerintah melalui kegiatan mudik bersama menggunakan moda angkutan darat.

Dengan kondisi ini, maka pada saat bersilaturahmi jelang Idul Fitri kemarin, Kemenkes melalui media sosial IG, juga menyosialisasikan penggunaan tes cepat antigen mandiri dalam memilih alat antigen yang tepat dengan izin edar, cara menggunakan alat antigen secara tepat, dan bagaimana membuang alat tersebut setelah dipakai. Setelah itu disampaikan juga cara pelaporan serta pencatatan hasil tes antigen kepada pemerintah melalui aplikasi SATUSEHAT.

 

Sebagai salah satu perusahaan publik yang bergerak di bidang kesehatan, mengedepankan peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi, PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) tetap melakukan edukasi kepada masyarakat, karena dalam situasi saat ini tetap diperlukan antisipasi berupa pencegahan dan pengendalian infeksi virus COVID-19.

“Seperti halnya jenis penyakit menular lainnya, maka pengendalian virus Covid-19 tetap perlu diantisipasi agar tidak menyebar luas, yakni melalui proses tes cepat antigen, baik secara mandiri maupun dengan datang ke klinik kesehatan terdekat, agar terdeteksi statusnya apakah terjangkit virus atau tidak,“ kata Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk Heru Firdausi Syarif, dalam siaran pers, Rabu (3/5/2023).

Menurut Heru, secara kontinu IRRA senantiasa melakukan sejumlah aktivitas melalui berbagai cara. Perusahaan turut berpartisipasi aktif untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan pandemi khususnya di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19. Perusahaan juga bekerjasama dengan berbagai pihak bersama-sama mengedukasi masyarakat akan pentingnya skrining penyakit Covid-19 agar dapat mencegah penyebarannya.

Di dalam negeri kasus harian Covid-19 tercatat meningkat. Dengan masuknya varian Arcturus ke Indonesia, masyarakat perlu mewaspadainya karena varian tersebut memiliki tingkat penularan tercepat dibandingkan varian lain. Untuk itu Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu seperti halnya juga Kemenkes, menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan selain menggunakan masker di tempat tertutup, menghindari kerumuman, dan tetap melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

sumber : siaran pers
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement