Senin 01 May 2023 23:25 WIB

Keterampilan Karyawan Perlu Selalu Dikembangkan Seiring Jenjang Karier

Peningkatan keterampilan karyawan mutlak diperlukan.

Perempuan menjalani wawancara saat melamar pekerjaan (ilustrasi). Ketika sudah bekerja selama bertahun-tahun, karyawan perlu terus meningkatkan kemampuannya.
Foto: Republika/Prayogi
Perempuan menjalani wawancara saat melamar pekerjaan (ilustrasi). Ketika sudah bekerja selama bertahun-tahun, karyawan perlu terus meningkatkan kemampuannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis dewasa Tiara Puspita mengingatkan bahwa keterampilan yang dimiliki seorang karyawan perlu senantiasa dikembangkan seiring dengan naiknya jenjang karier. Pengembangan keterampilan tersebut harus tetap dilakukan terlepas dari seseorang sudah bekerja selama bertahun-tahun dan merasa sudah menjadi orang yang ahli di bidangnya (expert).

"Walaupun seseorang sudah expert, tapi biasanya, apalagi kalau kita ngomongin soal karier, ada jenjang karier yang semakin lama semakin tinggi dan kebutuhannya pun (keterampilan non-teknis) bisa berbeda," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia itu saat dihubungi Antara melalui sambungan telepon, Senin.

Baca Juga

Ketika jenjang karier semakin tinggi, menurut Tiara, keterampilan non-teknis yang dibutuhkan justru semakin general atau bersifat lebih luas di samping penguasaan terhadap keterampilan teknis (hard skill) tertentu.

"Artinya, seseorang harus bisa menguasai tidak hanya area spesifik tertentu saja yang dia kuasai tetapi cara dia mengelola bawahan, atau mengelola tim, bagaimana dia memimpin sebuah tim, bagaimana dia berkomunikasi, dan sebagainya," kata dia.

Tiara juga mengingatkan bahwa keseimbangan antara keterampilan non-teknis dan keterampilan teknis harus disesuaikan dengan posisi terkini pada karyawan. Selain itu, jangan sampai seorang karyawan memandang keterampilan tersebut sebagai sesuatu yang ajek sehingga menyebabkan dirinya tidak berkembang.

"Kita mesti melihat posisi kita saat ini di mana. Kebutuhan kita saat ini apa. Dan tidak melihat itu menjadi suatu kebutuhan yang permanen, tetapi sesuatu yang dapat terus berubah seiring dengan berkembangnya karier kita," kata Tiara yang berpraktik di International Wellbeing Center itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement