Selasa 25 Apr 2023 06:16 WIB

Cukup dengan Ponsel, Trik Ambil Foto Lebaran yang Keren

Fitur yang melengkapi smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk hasil lebih menarik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selain ada trik pengambilan angle atau sudut pandang foto, fitur-fitur yang melengkapi smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk hasil lebih menarik.
Foto: Xiaomi Indonesia
Selain ada trik pengambilan angle atau sudut pandang foto, fitur-fitur yang melengkapi smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk hasil lebih menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Momen Hari Raya Idul Fitri kerap menjadi ajang berfoto bersama. Baik itu foto bersama keluarga ataupun swafoto.

Calvin Nobel, Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia mengatakan selain ada trik pengambilan angle atau sudut pandang foto, fitur-fitur yang melengkapi smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk hasil lebih menarik. Xiaomi melalui Redmi Note 12 dibekali 50MP main camera, 120o ultra-wide camera, dan 4cm fixed-focus camera. “Itu menjadikan ponsel ini memiliki setup kamera terbaik di kelasnya,” kata Calvin di Jakarta.

Baca Juga

Redmi Note 12 juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Night Mode, Portrait Mode, Slow Motion, Time Lapse, dan Panorama yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen Lebaran dengan lebih spesial dan menyenangkan. 

Agar momen spesial di hari Lebaran dapat terekam dengan maksimal, simak tips memanfaatkan ponsel untuk membuat momen Lebaran jadi lebih bermakna.

 

1.Tangkap detail arsitektur

Jika biasanya asal berfoto di depan masjid sehabis sholat Id, maka bisa mencoba trik menangkap detil arsitektur masjid tersebut sebagai latar belakang subjek agar hasil gambar lebih menarik. Begitu juga saat melakukan wisata, memanfaatkan detil bangunan di belakang orang yang berfoto bisa membuat hasilnya lebih artistik.

 

2. Fokus objek

Pengguna bisa memanfaatkan fitur portrait mode untuk fokus pada objek orang. Karena saat selfie di tengah banyak orang, maka latar belakang bisa terlihat cukup mengganggu. Sebaliknya dengan memanfaatkan fitur, latar belakang bisa lebih bokeh dan fokus pada objek.

 

3. Low angle atau kamera dari bawah

Seseorang bisa memilih low angle agar memberi kesan tubuh naik dan membentuk. Hasil foto dengan angle ini biasanya terkesan lebih elegan dibandingkan angle close up. Ini menjadi salah satu opsi angle paling bagus, dengan foto bisa diambil di depan rumah, apartemen, ruko saat lebaran. Jadi bisa sekaligus eksplorasi angle.

 

4. Jangan takut backlight

Saat foto-foto di outdoor, teknologi kamera anti-matahari bisa membuat pengguna mengarahkan kamera ke sumber cahaya matahari karena hasilnya bisa tidak akan backlight. Saat hendak foto bersama, ponsel juga bisa ditaruh dan diatur waktu (timers) sampai dapat mengambil foto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement