Sabtu 22 Apr 2023 04:00 WIB

Memaafkan Orang yang Sepertinya tak Pantas Dimaafkan, Ini Manfaatnya Bagi Kita

Memaafkan tak selalu mudah untuk dilakukan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Saling memaafkan saat lebaran (ilustrasi). Penting untuk diingat bahwa memaafkan memungkinkan kita melepaskan hubungan yang kita miliki dengan mereka yang telah berbuat salah dan bergerak maju dengan atau tanpa mereka.
Foto:

Di antaranya adalah mengurangi pengaruh negatif, memiliki perasaan emosi positif, mengalami hubungan positif dengan orang lain, membedakan kepekaan pertumbuhan spiritual, dan mengidentifikasi makna dan tujuan hidup serta rasa pemberdayaan yang lebih besar.

Singkatnya, memaafkan itu baik untuk tubuh, hubungan, dan tempat Anda di dunia. Itu alasan yang cukup untuk meyakinkan hampir semua orang melakukan upaya melepaskan amarah dan mengupayakan memaafkan.

Cara memaafkan orang

Dilansir Very Well Mind, Jumat (21/4/2023), memaafkan mungkin tidak selalu mudah, tetapi bisa lebih mudah dengan beberapa latihan dan pola pikir yang benar. Berikut caranya

- Perlu diingat bahwa memaafkan adalah sesuatu yang Anda lakukan untuk diri sendiri, yaitu memutuskan keterikatan emosional Anda dengan apa yang terjadi.

- Anda bisa mengingatkan diri bahwa Anda bergerak maju. Memaafkan orang ini memungkinkan mereka tetap berada di masa lalu saat Anda melanjutkan hidup.

- Menulis jurnal, berdoa, atau meditasi dapat membantu memudahkan Anda untuk memaafkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement