Jumat 21 Apr 2023 17:40 WIB

Begini Kehebohan Saat Tim Cook Buka Apple Store Pertama di Delhi

Banyak dari para pengunjung yang datang untuk melihat sosok CEO Apple Tim Cook.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
CEO Apple Tim Cook resmi membuka Apple Store pertama di Delhi, India, resmi dibuka pada Kamis (20/4). Dalam waktu singkat, gerai Apple Store kedua di India tersebut langsung dipenuhi oleh ratusan pengunjung.
Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
CEO Apple Tim Cook resmi membuka Apple Store pertama di Delhi, India, resmi dibuka pada Kamis (20/4). Dalam waktu singkat, gerai Apple Store kedua di India tersebut langsung dipenuhi oleh ratusan pengunjung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---CEO Apple Tim Cook resmi membuka Apple Store pertama di Delhi, India, resmi dibuka pada Kamis (20/4). Dalam waktu singkat, gerai Apple Store kedua di India tersebut langsung dipenuhi oleh ratusan pengunjung.

Apple Store kedua di India ini berlokasi di lantai satu mal SelectCITY di Saket. Sedangkan Apple Store pertama, Apple BKC, telah dibuka pada 18 April lalu di Jio World Drive, Mumbai.

Baca Juga

Meski ukuran gerainya jauh lebih kecil dibandingkan di Mumbai, Apple Store Saket di Delhi dipadati oleh ratusan pengunjung yang ingin melihat-lihat gerai tersebut. Banyak dari para pengunjung yang juga datang untuk melihat sosok CEO Apple, Cook.

Seperti halnya Apple BKC di Mumbai, Apple Store Saket di Delhi akan memamerkan beragam produk Apple. Selain itu, Apple Store Saket ini juga akan memberikan layanan yang sama dengan Apple BKC

Yang cukup menarik, Apple Store Saket memiliki 70 orang pegawai dari 18 negara bagian India. Secara kolektif, para pegawai ini mampu melayani para pengunjung dengan 15 bahasa berbeda. Sekitar setengah dari total pegawai adalah perempuan.

"Tim kami yang menakjubkan akan menantikan saat untuk terhubung dengan masyarakat lokal dan membantu mereka menemukan cara baru dalam mengejar passion mereka serta mengekspresikan kreativitas mereka melalui produk dan layanan kami yang luar biasa," Senior Vice President of Retail Apple, Deirdre O'Brien.

Meski Apple Store Saket memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Apple BKC, gerai ini telah dikurasi sedemikian rupa. Selain dapat membuat pengunjung merasa nyaman, Apple Store Saket memiliki pojok  khusus yang didedikasikan untuk iPhone, MacBook, aksesoris Apple, Apple Music, Apple Arcade, dan Apple TV.

Apple Store Saket pun memiliki Genius Bar, yaitu tempat pelanggan bisa mendapatkan saran dan pendampingan dari pegawai toko. Ada pula zona Pickup, yaitu tempat pengambilan produk Apple yang telah dibeli sebelumnya secara daring oleh pelanggan.

Seperti dilansir India Today, Apple Store Saket dioperasikan 100 persen dengan energi terbarukan dan karbon netral. Hal serupa juga dilakukan di Apple Store lainnya.

Bukan tanpa alasan Apple kini membuka Apple Store di India. Saat ini, Apple telah mendominasi segmen ponsel pintar premium di negara tersebut. Menurut data Counterpoint, sekitar 65 persen dari total ponsel pintar dengan rentang harga di atas Rp 5,5 juta yang terjual di India adalah iPhone.

Akan tetapi, posisi iPhone dalam pasar ponsel pintar secara umum di India masih relatif rendah. Dibukanya dua Apple Store di India saat ini diharapkan dapat membantu Apple melakukan penetrasi lebih jauh di pasar India. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement