Jumat 21 Apr 2023 16:40 WIB

Harus Sabar, Ini Cara Merawat Lansia Penuh Cinta

Pastikan lansia memiliki waktu istirahat yang cukup.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk merawat lansia, tentu bukan pekerjaan mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk memberikan yang terbaik pada orang yang sudah lanjut usia.   (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Untuk merawat lansia, tentu bukan pekerjaan mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk memberikan yang terbaik pada orang yang sudah lanjut usia. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk merawat lansia, tentu bukan pekerjaan mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk memberikan yang terbaik pada orang yang sudah lanjut usia. Pakar geriatri Probosuseno membagikan sejumlah kiat merawat serta menghadirkan rasa aman dan nyaman untuk lansia. Berikut di antaranya.

 

Baca Juga

1.Berikan asupan gizi yang tepat

Perawat perlu menyediakan asupan makanan dan minuman sehat yang tepat sesuai kondisi lansia tersebut.

 

2.Jaga kebersihan

Anggota keluarga yang mendampingi lansia terkadang tidak membersihkan tinja dan kencing lansia dengan benar. Khususnya, lansia yang tidak bisa lagi ke kamar mandi sendiri. Jika dibiarkan, itu rentan menjadi pencetus penyakit lain dan infeksi. Perhatikan kebersihan tubuh lansia, baik itu wajah, kulit, tangan, kaki, dan lainnya.

 

3.Bersabar

Terkadang, sebagian orang kewalahan saat merawat lansia di rumah karena beberapa alasan. Probosuseno mengungkap kesalahan umum yang sering terjadi saat merawat lansia. Misalnya, anggota keluarga merawat lansia dengan tidak sabar, bicara kasar, atau penuh kemarahan.

 

4.Ajak beraktivitas ringan

Mengajak lansia mengobrol dengan hangat juga sangat disarankan.

Bisa pula mengajaknya olahraga ringan atau menekuni hobi, seperti memelihara hewan, merawat tanaman, serta menyimak video menarik di internet.

 

5.Istirahat cukup

Pastikan lansia memiliki waktu istirahat yang cukup.

 

6.Dukungan spiritual pun amat penting

Lakukan rutinitas berdoa dan beribadah. "Ajak mendekat kepada Tuhan, ikhlas, pasrah, dan tawakal," tutur Probosuseno. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement