Jumat 07 Apr 2023 04:39 WIB

Santriwati Yatim Piatu di Borobudur Dapat Bantuan Alquran dan Mukena

Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Amil Zakat PPPA Daarul Quran Yogyakarta menyalurkan bantuan berupa Alquran dan mukena kepada puluhan santriwati yatim piatu di Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Foto: Dokumen
Amil Zakat PPPA Daarul Quran Yogyakarta menyalurkan bantuan berupa Alquran dan mukena kepada puluhan santriwati yatim piatu di Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Amil Zakat PPPA Daarul Quran Yogyakarta menyalurkan bantuan kepada puluhan santriwati yatim piatu di Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (4/4/2023). Bantuan yang diserahkan berupa Alquran dan mukena untuk santriwati.

PPPA Daarul Quran Yogyakarta tergerak untuk bersedekah mukena dan Alquran ini dari seorang santri bernama Risna Manfaati (12). Risna yang masih duduk di bangku kelas lima sekolah dasar (SD) di Kecamatan Borobudur ini, sudah tinggal di pondok pesantren yang juga merupakan panti asuhan di kawasan Borobudur tersebut sejak usia dua tahun.

"Kemarin baru saja bilang mukenanya sudah bolong-bolong dan sobek. Andai dapat mukena baru," kata Ketua Cabang PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta, Maulana Kurnia Putra, menirukan kalimat yang disampaikan Risna.

"Allahu Akbar, barangkali doa dari Risna yang menggerakkan kami ke Panti Asuhan Fatimah Az-zahra untuk berbagi mukena baru dan mushaf Alquran baru untuk seluruh penghuni panti. Kami belajar, ini semua tentang ikhlas dan mustajabnya doa-doa yang bisa dirasakan untuk orang-orang sekitar kita," lanjut Maulana.

Maulana menjelaskan, sebagai salah satu anak yang tinggal di Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra, Risna termasuk anak yang cerdas. Risna merupakan anak yatim piatu, kedua orang tuanya telah lama wafat dan ia dibesarkan di pondok pesantren.

Maulana juga menitipkan pesan kepada Risna bahwa dalam satu bulan yang akan datang pihaknya akan kembali ke Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra untuk menerima setoran hafalan surat al-Mulk, dan juga pernyataan tentang cita-cita Risna kelak.

"Raut muka bingung sekaligus bahagia terlihat, Risna akhirnya mengiyakan penuh semangat," tambahnya.

Saat memberikan bantuan, juga didampingi oleh mantri Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra, Habib, serta Ustaz Wafiq yang turut memberikan tausiyahnya. Dalam tausiyahnya, Ustaz Wafiq menyampaikan terkait keutamaan-keutamaan amal pada bulan Ramadhan.

"Dilanjut saya yang memberikan gambaran (kepada santriwati), bagaimana hidup bersama Alquran bisa membawa kita ke ruang dan dimensi yang tidak pernah dikira sebelumnya, bahkan jauh melampaui," ujar Maulana.

Dari bantuan yang diberikan, diharapkan dapat bermanfaat dan meningkatkan kualitas ibadah, terutama bagi santriwati di Pondok Pesantren Fatimah Az-zahra. Habib pun berharap PPPA Daarul Quran Yogyakarta terus melanjutkan dan mendampingi hafalan Quran seluruh santriwati.

"Alquran akan memperjalankan para santriwati yang mengakrabinya kepada jalan-jalan yang tidak pernah disangka sebelumnya," kata Habib.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement