Rabu 05 Apr 2023 23:04 WIB

Sebelum Ida Dayak, 3 Sosok Ini Pernah Viral pada Masanya

Pada 2009, pengobatan yang dilakukan Ponari menggegerkan khalayak luas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Praktisi pengobatan tradisional Ningsih Tinampi. Selain Ningsih, sosok yang juga viral dengan pengobatan alternatif sebelum Ida Dayak yakni Ponari dan Umi Zubaidah.
Foto: Youtube
Praktisi pengobatan tradisional Ningsih Tinampi. Selain Ningsih, sosok yang juga viral dengan pengobatan alternatif sebelum Ida Dayak yakni Ponari dan Umi Zubaidah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini viral pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ida Andriyani atau yang dikenal dengan Ida Dayak di Depok, Jawa Barat. Banyak orang datang dari berbagai daerah datang untuk meminta diobati olehnya.

Sebelum pengobatan alternatif Ida Dayak viral, ada pengobatan alternatif yang lebih dulu menyebar luas dengan cepat. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Ponari

Pada tahun 2009 muncul dukun cilik Muhammad Ponari dari Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Saat itu, dia berusia 11 tahun dan sempat menggegerkan khalayak luas.

Sebab, Ponari dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dengan batu sakti yang ditemukan dan diyakini jatuh dari langit. Puluhan ribu pasien antre dengan membawa air putih agar dicelupi batu milik Ponari.

Air yang sudah dicelupi batu itulah yang dipercaya sebagian masyarakat memiliki daya sembuh luar biasa meski tak sedikit pula yang tidak membawa hasil yang diharapkan. Pada Februari di tahun yang sama, panitia pengobatan yang dilakukan dukun cilik ini membatasi jumlah pasien 5.000 orang per hari. Pembatasan ini bertujuan agar tragedi tewasnya empat warga yang terinjak-injak saat mengantre berobat di rumah Ponari tidak terulang.

Setahun kemudian, tepatnya Mei 2010, Ponari jatuh sakit dan harus menginap di rumah sakit. Ayah Ponari mengungkapkan suhu tubuh Ponari amat tinggi sehingga dia bawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

2. Ningsih Tinampi

Praktisi pengobatan alternatif Ningsih Tinampi pernah mengeklaim telah menemukan obat Covid-19 pada April 2020 melalui unggahan di akun Youtube-nya. Dia mengatakan, obat temuannya merupakan buatan Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ningsih tidak menyebut apa isi obat Covid-19 itu. Tetapi dia mengeklaim obat tersebut tidak asing di dunia kedokteran. Sebelumnya, Ningsih menjadi trending topic di Twitter di Indonesia. Terhitung ada ribuan twit yang menyebutkan namanya.

Dia melakukan pengobatan alternatif kepada pasien-pasiennya. Bahkan ada yang rela membayar biaya berobat ratusan ribu untuk sekali berobat sekali terapi.

Selain itu, Ningsih pernah membuat pernyataan kontroversial, yakni bisa mengundang nabi, rasul, dan malaikat. Perempuan tersebut mengaku salah bicara akibat rasa capainya mengobati ratusan pasien.

3. Umi Zubaidah

Nama Umi Zubaidah muncul setelah melakukan pengobatan alternatif kepada almarhum Olga Syahputra beberapa tahun silam. Beberapa warga dunia maya mencari alamat Umi Zubaidah melalui Twitter.

“Billy, bisa minta alamat umi zubaidah t4 olga berobat kmrn ndak ...?” cuit akun @*Suk**dewi pada akun Twitter Billy Syahputra @bangbilly.

Ada juga yang mencari alamat Umi Zubaidah dengan me-mention akun Twitter @OlgaSyahputra82 dan OlgaLovers_ID untuk membantu temannya berobat karena adik temannya sakit seperti almarhum Olga. Ada benjolan di leher.

“iya ... Aku tdi MT kak olga, minta tau dimna almt rmah Umi Zubaidah tmpat kak olga brobat itu kak,” tulis akun Twitter @***anasTBN_BALI.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement